Mengenal Kecanggihan Pesawat CN235-220 yang Dibeli Militer Nepal

Hari Widowati
31 Oktober 2019, 16:02
pesawat CN235-220, spesifikasi pesawat CN235-220, ekspor pesawat ke Nepal, PT Dirgantara Indonesia, pesawat produksi Indonesia, karya anak bangsa, berita terkini hari ini
ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Pengunjung melihat pesawat terbang CN235-220 Military Transport lepas landas pada acara Ferry Flight di Hanggar Fixed Wing PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/10/2019).

PT Dirgantara Indonesia (PT DI) menerima pesanan pesawat tipe CN235-220 dari Militer Nepal senilai US$ 30 juta atau sekitar Rp 425 miliar. Satu unit pesawat tersebut telah dikirim dari Bandung ke Nepal dengan rute Bandung, Medan, Yangon (Myanmar), Dhaka (Bangladesh), lalu ke perhentian terakhir di Kathmandu (Nepal).

Ini bukan pertama kalinya Indonesia mengekspor pesawat angkut militer tipe CN235-200. Sebelumnya, PT DI memproduksi dan mengirimkan pesawat CN235 sebanyak 68 unit untuk kebutuhan militer di dalam negeri maupun luar negeri.

Saat ini populasi pesawat CN235 di dunia sebanyak 285 unit. Beberapa negara yang menggunakan pesawat ini antara lain Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Pakistan, Uni Emirat Arab, Senegal, dan Nepal.

Seperti dilansir CNBC.com, pesawat CN235-220 merupakan pesawat dengan banyak fungsi (multirole). Pesawat ini bisa mengangkut 48 penumpang dan digunakan untuk beberapa misi, mulai dari pengintaian, patroli maritim, dan angkutan pasukan bersenjata.

Pesawat ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain quick change configurations yang dapat digunakan untuk kepentingan militer maupun sipil, pesawat pribadi, evakuasi medis, maupun angkutan kargo. Kokpitnya seluruhnya terbuat dari kaca. Pesawat ini juga memiliki bukaan pintu belakang (rear ramp door) yang lebar.

Beban maksimal saat pesawat tinggal landas mencapai 16.500 kg sedangkan berat beban yang dapat diangkut 5.200 kg. Pesawat ini memiliki kemampuan Short Take Off-Landing (STOL) 977 m, ketahanan selama ± 11 jam, dan teknologi multihop capability fuel tank yang memungkinkan pesawat tidak perlu mengisi ulang bahan bakar untuk melanjutkan penerbangan ke rute berikutnya.

(Baca: Dirgantara Indonesia Ekspor Pesawat Terbang Militer ke Nepal)

EKSPOR PESAWAT PRODUKSI PTDI
EKSPOR PESAWAT PRODUKSI PTDI (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Pinjaman Modal dari LPEI

Kecanggihan pesawat CN235-220 membutuhkan modal produksi yang tidak sedikit. Direktur Utama PT DI, Elfien Goentoro, mengatakan modal produksi dan ekspor pesawat tersebut dibiayai Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dengan skema National Interest Account (NIA). Nilai pinjaman yang diberikan mencapai Rp 207 miliar.

Keberhasilan PT DI memenuhi pesanan pesawat dari Militer Nepal dapat meningkatkan minat negara lain terhadap produk pesawat terbang buatan Indonesia. Ekspor pesawat ini memiliki nilai strategis bagi PT DI karena kepuasan pelanggan luar negeri menjadi salah satu syarat utama dalam evaluasi pada tender-tender internasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...