Pelaku Pasar Ambil Untung, Rupiah Ditutup Melemah 0,09% Hari Ini

Agatha Olivia Victoria
31 Oktober 2019, 17:08
pelaku pasar ambil untung, rupiah ditutup melemah hari ini
123RF.com/Nawadoln
Ilustrasi. Rupiah melemah 0,09% terhadap dolar AS pada penutupan perdagangan hari ini.

Nilai tukar rupiah melemah 0,09% ke level Rp 14.042 per dolar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan hari ini (31/10), berdasarkan data Bloomberg. Analis memperkirakan, pelemahan terjadi karena investor mengambil untung (profit taking).

Direktur Riset Center Of Reform on Economics (CORE) Pieter Abdullah Redjalam menilai, pasar memposisikan rupiah di kisaran Rp 14.000 per dolar AS sudah terlalu kuat. "Karena itu, mereka ragu untuk menahan rupiah terlalu lama dan dengan cepat melakukan profit taking," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (31/10).

Advertisement

Hal itu bisa dilihat dari nilai tukar rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar rate (JISDOR) yang menguat 36 poin ke level Rp 14.008 per dolar AS pada hari ini. Meskipun rupiah melemah 0,09% di pasar spot.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, sejak awal bulan hingga 29 Oktober (month to date), rupiah menguat 1,15%. Sejak awal tahun (year to date), mata uang Garuda ini juga terapresiasi 2,54%. Penguatan itu lebih tinggi dibanding mata uang Malaysia, Vietnam, India, dan Tiongkok.

(Baca: The Fed Pangkas Bunga, Rupiah Perkasa ke 14.006 per dolar AS)

“Rupiah sebenarnya potensial untuk menguat karena The Fed (bank sentral AS) menurunkan suku bunganya,” kata dia. Selain itu, pasar mengapresiasi data-data investasi Indonesia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement