Jalin Hubungan Asmara dengan Karyawan, CEO McDonald's Dipecat

Penulis: Agustiyanti

4/11/2019, 14.35 WIB

CEO McDonald's Steve Easterbrook dipecat karena menjalin hubungan dengan karyawannya.

mcdonald's
Twitter @McDonalds_ID
ilustrasi. CEO McDonald's Steve Easterbrook dipecat karena menjalin hubungan dengan karyawannya.

Jejaring global makanan cepat saji, McDonald's memecat Chief Executive Officer (CEO) Steve Easterbrook karena menjalin hubungan asmara dengan karyawannya. Steve dinilai melanggar kebijakan perusahaan.

Dikutip dari Reuters, dewan komisaris menemukan bahwa Eastbrook (52) yang telah memimpin McDonald's sejak 2015 turut melibatkan hubungannya dalam memberikan penilaian terhadap karyawan. Easterbrook pun langsung menyerahkan kursinya setelah dewan komisaris mengeluarkan keputusan.

"Ini adalah kesalahan. Mengingat nilai-nilai perusahaan, saya setuju dengan dewan direksi untuk menerima keputusan tersebut," tulis Eastbrook dalam email kepada para karyawannya yang dipublikasikan perusahaan pada Minggu (3/11).

(Baca: Trump Pilih Mantan Peserta Apprentice Masuk Gedung Putih)

Pemecatan Easbrook merupakan salah satu kejadian yang cukup menghebohkan di antara perusahaan-perusahaan besar AS dalam beberapa tahun terakhir, terkait dengan hubungan tak pantas antara eksekutif dengan karyawan.

Pengawasan terhadap eksekutif dan perlakuan mereka terhadap karyawan telah meningkat di tengah gerakan media sosial #MeToo, yang menyoroti contoh pelecehan seksual di tempat kerja. Pada Juni 2018, CEO Intel Corp Brian Krzanich mengundurkan diri setelah penyelidikan menemukan dia memiliki hubungan suka sama suka dengan karyawan yang melanggar kebijakan perusahaan.

(Baca: McDonald’s Akuisisi Perusahaan Teknologi Dynamic Yield Rp 4,2 Triliun)

Sementara itu, Chris Kempczinski (51) diangkat sebagai CEO baru McDonald menggantikan Easterbrook. Dalam pesannya kepada karyawan, Kempczinski berterima kasih kepada Easterbrook karena telah merekrutnya ke McDonald's dan mengatakan dia berharap perusahaan untuk melanjutkan rencana pertumbuhan yang berfokus pada pelanggan.

McDonald's yang berbasis di Chicago, salah satu merek yang paling dikenal di dunia, baru-baru ini merayakan peringatan 40 tahun Happy Meal untuk anak-anak dan dikenal karena reputasinya yang ramah keluarga.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan