Sugeng Suparwoto, Politisi Nasdem di Kursi Ketua Komisi VII DPR

Hari Widowati
4 November 2019, 12:52
Sugeng Suparwoto, profil Sugeng Suparwoto, ketua Komisi VII DPR RI, politisi Nasdem, orang dekat Surya Paloh
Youtube Partai Nasdem
Politisi Partai Nasdem Sugeng Suparwoto resmi ditetapkan menjadi Ketua Komisi VII DPR RI. Komisi VII membidangi energi, teknologi, dan lingkungan hidup.

Politisi dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Sugeng Suparwoto, diangkat menjadi Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Di komisi tersebut, ruang lingkup yang bakal ditangani Sugeng adalah bidang energi, riset, teknologi, dan lingkungan hidup.

Komisi VII DPR memiliki 15 lembaga sebagai mitra, yakni Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dan Badan Tenaga Nuklir (BATAN). Selain itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Berikut ini adalah profil singkat Sugeng Suparwoto. Sugeng lahir di Purworejo, 4 November 1962. Berdasarkan keterangan di situs dpr.go.id, ia adalah alumni Universitas Negeri Jakarta (UNJ, dulunya IKIP) angkatan 1984.

Sugeng aktif berorganisasi sejak menjadi mahasiswa, ia pernah menduduki beberapa jabatan penting, antara lain ketua Senat Mahasiswa UNJ 1986 dan ketua Presidium Badan Koordinasi Mahasiswa Jakarta periode 1988-1990. Di kurun waktu yang sama, Sugeng juga membentuk sebuah Lembaga Studi Pendidikan dan Kemanusiaan (LSPK) di kampusnya. Dua tahun berselang, ia mendirikan Yayasan Indonesia Baru (YIB).

(Baca: Dito Ganinduto, Pengusaha dan Politisi Senior Golkar Pimpin Komisi XI)

Karier di Metro TV dan Partai Nasdem

Sugeng dipercaya menjadi Editor Eksekutif di Metro TV sejak 2003 hingga 2011. Jabatannya ini membuatnya dekat dengan Surya Paloh. Bersama-sama, pada 2010 mereka mendirikan ormas Nasional Demokrat (Nasdem) yang dianggap sebagai cikal-bakal Partai Nasdem.

Setelah Partai Nasdem terbentuk, Sugeng menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem hingga 2013. Pada periode 2013-2015, ia menjadi ketua Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Nasdem bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...