Tokopedia Siapkan IPO di Bursa Dua Negara, Kemungkinan di Luar Asia

Image title
4 November 2019, 13:34
Perusahaan e-commerce, Tokopedia mulai mengkaji peluang penjualan saham perdana ke publik (initial public offering/IPO) yang pencatatan sahamnya di dua bursa saham (dual listing) mulai tahun ini.
Tokopedia
UIlustrasi, Co-Founder sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya dalam acara Super Ecosystem Tokopedia di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis malam (10/10). Tokopedia mulai mengkaji peluang penjualan saham perdana ke publik (initial public offering/IPO) yang pencatatan sahamnya di dua bursa saham (dual listing) mulai tahun ini.

Perusahaan e-commerce, Tokopedia mengkaji peluang penjualan saham perdana ke publik (initial public offering/IPO) yang pencatatan sahamnya di dua bursa saham (dual listing) mulai tahun ini. Sama seperti Gojek, tujuan utamanya adalah Bursa Efek Indonesia (BEI).

Namun, Pendiri sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya enggan berkomentar perihal bursa mana lagi yang akan dipilih. "Rencana ada dual listing yang satu di Indonesia dan satu di luar negeri. Mencari negara yang melirik pasar Indonesia," kata dia di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Jakarta, Senin (4/11).

William hanya mengatakan bahwa ada kemungkinan pencatatan saham perdana dilakukan di luar Asia. Ia mencontohkan PT Telkom yang juga dual listing di BEI dan Bursa Efek New York (NYSE).

Dia juga enggan berkomentar perihal kapan IPO bakal dilaksanakan. "Mungkin butuh beberapa tahun dari sekarang, tetapi persiapannya sudah dilakukan jauh-jauh hari, mulai dari tahun ini," kata William.

(Baca: Optimistis Laba Positif Tahun Depan, Bos Tokopedia Rencanakan IPO)

William menjelaskan bahwa struktur kepemimpinan di perusahaannya cukup kuat, dengan tata kelolaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG). Apalagi, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menjadi komisaris utama Tokopedia.

Salah satu unicorn Tanah Air ini juga mulai berfokus menghasilkan laba tahun depan. "Dari sisi disiplin, perusahaan kami juga fokus tahun depan bisa profit. Dari sisi brand ambassador juga kami sudah memilih yang bisa membawa nama Tokopedia di panggung dunia," katanya. Dalam hal ini, Tokopedia memilih boy band asal Korea Selatan, Beyond the Scene atau BTS sebagai brand ambassador.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...