Risa Santoso, Rektor Termuda yang Pernah Jadi Staf Presiden

Hari Widowati
6 November 2019, 16:11
Risa Santoso menjadi rektor termuda di Indonesia di usia 27 tahun. Lulusan Harvard University ini ditunjuk menjadi rekor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia, Malang pada 2 November 2019.
Instagram/Santosorisa
Risa Santoso menjadi rektor termuda di Indonesia di usia 27 tahun. Lulusan Harvard University ini ditunjuk menjadi rekor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia, Malang pada 2 November 2019.

Nama Risa Santoso mendadak viral dan menjadi perhatian warganet. Risa dilantik menjadi rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang pada 2 November 2019. Ia menjadi rektor termuda di Indonesia pada usia 27 tahun.

Perempuan kelahiran Surabaya, 27 Oktober 1992 ini menyelesaikan pendidikan tingginya di Amerika Serikat (AS). Ia mengambil jurusan ekonomi di Universitas of California, Berkeley kemudian melanjutkan ke program pascasarjana bidang pendidikan di Harvard University. Risa adalah penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Setelah kembali ke tanah air, Risa bekerja di Kantor Staf Presiden sebagai tenaga ahli muda. Seperti dilansir surya.co.id, Risa juga menjadi inisiator program ASIA Hackaton dan program magang di luar negeri. Ia juga tercatat pernah menjabat sebagai direktur pengembangan bisnis di ITB Asia, Malang.

Sekadar informasi, ITB Asia Malang merupakan hasil merger antara Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Asia dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Asia. Perguruan tinggi tersebut menjadi kampus hasil merger pertama di Malang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (SK Menristekdikti) No 744/KPT/I/2019 pada 23 Agustus 2019.

Risa sempat kaget berita penunjukannya sebagai rektor ITB Asia Malang menjadi viral. "Heran dan kaget saja, kok bisa seheboh itu. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi kampus," ujar Risa, Selasa (5/11) seperti dikutip surabaya.tribunnews.com.

(Baca: Luhut: Nadiem Usia 35 Tahun Menteri, Saya Dulu Bawa Ransel di Timtim)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...