Bersaing Ketat, Grab dan Gojek Rilis Menu Eksklusif dan Cloud Kitchen

Desy Setyowati
7 November 2019, 13:31
Persaingan Gojek san Grab terkait layanan pesan-antar makanan semakin ketat
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Ilustrasi ojek online Gojek dan Grab. Persaingan kedua decacorn ini terkait layanan pesan-antar makanan semakin ketat.

Persaingan Gojek dan Grab di bidang layanan pesan-antar makanan (food delivery) semakin ketat. Kedua decacorn ini sama-sama meluncurkan layanan yang mirip, yakni menu eksklusif dan restoran berbasis komputasi awan (cloud kitchen).

Gojek meluncurkan program GoFood Exclusive sejak Juli lalu. Setidaknya ada 200 lebih pemegang merek (brand) kuliner yang bergabung ke program ini, dengan 300 hidangan eksklusif di lebih dari 1.000 outlet. Eksklusif yang dimaksud bukan hanya dari sisi menunya, tetapi juga harga.

Senior Marketing Manager GoFood Marsela Renata mengatakan, ada sekitar tujuh juta pengguna yang masuk ke platform GoFood setia harinya. "Pasti ada kenaikan dengan adanya (menu eksklusif) ini," kata dia di Jakarta, Kamis (7/11).

Selain itu, Gojek telah memiliki 10 cloud kitchen dan 30 GoFood Festival. Marsela enggan berkomentar banyak perihal lokasi cloud kitchen. "Tapi salah satunya di Blok M," kata dia.

(Baca: Transaksi Naik 3 Kali Lipat, GrabFood Luncurkan Fitur Menu Eksklusif)

Cloud kitchen merupakan layanan restoran berbasis online yang memungkinkan mitra GoFood hadir di lokasi yang lebih dekat dengan konsumen. Bedanya dengan GoFood Festival, pengguna tidak bisa makan di tempat. Konsumen hanya bisa memesan lewat aplikasi Gojek.

Marsela menjelaskan, perusahaannya mengacu pada data-data yang diperoleh dalam menentukan lokasi cloud kitchen. Sedangkan mitranya dipilih berdasarkan suplai dan demand di kawasan tersebut. Ia mencontohkan, jika permintaan kopi tinggi tetapi penjualnya sedikit, maka mitra yang dipilih merupakan merchant kopi.

Secara keseluruhan, Gojek telah menggaet sekitar 500 ribu mitra penjual di Asia Tenggara. Dengan jumlah menu yanh tersedia mencapai 12 juta. Gojek pun mencatat, setidaknya ada lebih dari 50 juta transaksi GoFood setiap bulannya.

Sebelumnya, Grab juga menggandeng 64 merchant di 11 kota untuk menyediakan 100 menu khusus di GrabFood. Program ini disebut GrabFood Signature.

"Tujuannya untuk menarik lebih banyak pelanggan dengan cara-cara kreatif. Kami yakin (GrabFood Signature) ini dapat mendorong peningkatan penjualan mereka (merchant) yang signifikan," kata Head of GrabFood Demi Yu, beberapa waktu lalu (30/10).

(Baca: Punya GrabKitchen, Grab Tanggapi Rencana Gojek Rambah Cloud Kitchen)

Ia mengatakan, layanan ini akan diperluas secara bertahap. Adapun 11 kota yang sudah menyediakan fitur anyar itu adalah Bali, Bandung, Cirebon, Jakarta, Makassar, Malang, Mataram, Medan, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...