IIMS Motobike Expo dan Daftar Pameran Otomotif Tahunan Lainnya

Penulis: Pingit Aria

7/11/2019, 20.17 WIB

IIMS Motobike Expo adalah pameran otomotif yang dikhususkan untuk sepeda motor.

Seorang pekerja di pabrik pabrik PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia di pabrik Yamaha, Pulo Gadung Jakarta Timur pada hari ini Senin (3/12)
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang pekerja di pabrik pabrik PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia di pabrik Yamaha, Pulo Gadung Jakarta Timur pada hari ini Senin (3/12)

Pameran otomotif khusus roda dua IIMS Motobike Expo 2019 akan digelar pada 29 November hingga 1 Desember 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Pameran perdana ini akan dimeriahkan 10 merek sepeda motor.

Kesepuluh merek itu adalah Benelli, BMW Motorrad, Cleveland, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Peugeot, Piaggio, Vespa, dan Yamaha. “Sebagai event perdana, kami sangat bersyukur antusiasme dari industri cukup besar," tutur Project Director IIMS Motobike Expo 2019 Hendra Noor Saleh, dalam siaran pers, Selasa (6/11).

Yang kemudian menjadi sorotan, dua pabrikan motor asal Jepang yang memiliki pangsa pasar cukup besar, yakni Honda dan Suzuki justru tak masuk daftar. Namun, Hendra menyatakan bahwa itu bukan daftar final. “Masih ada kemungkinan akan bertambah,” katanya.

IIMS Motobike Expo 2019 akan menggunakan lahan seluas lebih 40 ribu meter persegi. Ajang ini tak hanya akan menampilkan deretan produk baru dari para pemegang merek, tetapi juga berbagai atraksi lainnya.

(Baca: Dunlop Aircraft Tyres, Calon Investor Pabrik Ban Pesawat di Indonesia)

IIMS Motobike Expo 2019 juga  menghadirkan berbagai kegiatan pendukung yaitu Bike Catwalk, Devil’s Barrel, Dyno Contest, Fun Racing Competition, Fun Sand Drag, Live Builder Talkshow, Music Show, Parking Pick, Satmori & Sunmori, Soundloud Competition, Student Visit & Test Ride.

Rudi MF, Project Officer IIMS Motobike Expo 2019 menyatakan bahwa IIMS Motobike Expo 2019 akan menghadirkan konsep segar pameran roda dua dengan mengajak exhibitor terutama Agen Pemegang Merek (APM) untuk memajang motor baru beserta versi costum yang saat ini makin menjadi tren. Bahkan, beragam brand besar motor telah melibatkan builder lokal.

“Trend positif dan membanggakan ini yang menginspirasi kami untuk menghadirkan sebuah pameran roda dua bertaraf international dengan memadukan sektor industri dengan pegiat otomotif roda dua lokal.” Kata Rudi.

IIMS Motobike Expo 2019 sebagai pengembangan dari Indonesia International Motor Show (IIMS). IIMS sendiri merupakan pameran otomotif yang didominasi oleh kendaraan roda empat. Seperti IIMS, IIMS Motobike Expo 2019 juga diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo.

Tahun ini, IIMS telah digelar pada 25 April-5 Mei 2019 dengan transaksi melampaui angka Rp 3 triliun. Telkomsel sebagai sponsor utama pameran ini menghadirkan konsep digitalisasi di semua lini.

(Baca: Bertemu Mendag AS, Luhut Ajak Tesla Bangun Pabrik Baterai Litium)

Tahun depan, Dyandra telah menjadwalkan IIMS pada tanggal 9 – 19 April 2020 dan tetap menempati area JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Ajang pameran otomotif tahunan berskala besar lainnya adalah GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). Tahun ini, GIIAS telah digelar pada 18-28 Juli 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City.

Mengambil tema Future in Motion, GAIKINDO meyakini tema tersebut akan menegaskan GIIAS sebagai tempat terbaik untuk memperkenalkan teknologi dan produk terbaru, lewat concept car dan product launching. Dukungan untuk GIIAS 2019 datang dari berbagai merek ternama di industri otomotif Indonesia.

Lebih dari 25 merek mobil penumpang, kendaraan komersial, serta lebih dari 200 merek-merek dari industri pendukung seperti sepeda motor, karoseri, pelumas, kaca film, audio mobil, ban, dan lainnya telah telah memamerkan teknologi terbaru mereka di GIIAS 2019. Tahun depan, GIIAS rencananya akan digelar pada 6-16 Agustus 2020.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan