Modal Asing Masuk Tembus Rp 226 Triliun, BI: Investor Nyaman di RI

Agustiyanti
8 November 2019, 20:28
aliran modal asing
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia sejak awal tahun hingga 7 November 2019 mencapai Rp 226 triliun.

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia sejak awal tahun hingga 7 November 2019 mencapai Rp 226 triliun.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menjelaskan, aliran modal asing tersebut masuk ke Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp175 triliun dan saham sebesar Rp49 triliun. Lalu sisanya, menurut dia, mengalir ke obligasi korporasi serta instrumen keuangan lainnya.

"Inflow Rp226 triliun, sebagian besar berasal modal asing mengalir ke SBN," ujar Dody di Jakarta, Jumat (8/11).

Menurut Dody, derasnya aliran masuk modal asing seiring meredanya tekanan ekonomi global. Hal ini membuat investor "nyaman" untuk menaruh investasinya di negara-negara berkembang. Selain itu, fundamental ekonomi juga membaik, sehingga investor menjadikan Indonesia sebagai pilihan dibanding negara-negara ekonomi sepadan (peers) lainnya.

(Baca: Rujuk Sesaat, AS Tuding Tiongkok Lakukan Propaganda Pembatalan Tarif)

Ia menjelaskan, faktor global yang turut mempengaruhi, yakni kabar positif dari kesepakatan dagang tahap pertama antara AS dan Tiongkok yang kian dekat dan membawa harapan berakhirnya perang dagang antara kedua negara. Selain itu, ketegangan mengenai Brexit di Eropa juga mereda.

Kondisi global tersebut juga menyokong penguatan nilai tukar rupiah pada pekan ini sebesar 0,3 persen. Sedangkan sepanjang tahun ini hingga kemarin, rupiah telah menguat sebesar 2,6 persen.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...