Terpuruk di Sesi I, IHSG Berakhir Bangkit 0,20% Berkat Sektor Konsumer

Happy Fajrian
8 November 2019, 18:51
ihsg hari ini, ihsg naik, investor asing
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari Jumat (8/11/2019) ditutup naik 0,20% ke level 6.177,99.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menutup perdagangan akhir pekan ini, Jumat (8/11) dengan positif. Indeks dalam negeri ditutup dengan kenaikan 0,20% ke level 6.177,99 setelah melalui sesi I terpuruk di zona merah hingga menyentuh level terendahnya hari ini di 6.139,82.

Sebenarnya IHSG mengawali perdagangan hari ini naik ke level 6.165,77 dan terus naik ke level 6.172,52 ketika pasar baru dibuka. Namun setelah itu IHSG langsung masuk ke zona merah hingga sesi I berakhir di level 6.162,01 atau turun 0,06%.

Advertisement

Namun memasuki sesi II, IHSG perlahan bangkit. Empat puluh menit setelah perdagangan sesi II berjalan, IHSG mulai masuk ke zona hijau di level 6.165,98. Setelah itu indeks saham domestik ini menetap di zona hijau dan sempat menyentuh level tertingginya hari ini di 6.180,19 atau naik 0,24%.

"Penguatan (kenaikan) IHSG selain faktor teknikal rebound, karena memang harga sudah terkoreksi cukup dalam," kata analis OSO Sekuritas, Sukarno Alatas kepada Katadata.co.id, Jumat (8/11).

(Baca: Katadata Market Index: Ekonomi Global Melambat, IHSG November Bearish)

Selain itu, menurut dia, sentimen dari eksternal seiring dengan adanya kemajuan kesepakatan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, dengan Tiongkok setuju untuk membatalkan kenaikan tarif sebelumnya, sedangkan AS menghapuskan tarif untuk impor unggas.

"Tapi meski IHSG naik, asing masih net sell. Dalam lima tahun terakhir investor asing selalu net sell, sehingga ada kemungkinan indeks masih akan tertahan atau mungkin turun lagi," tambahnya.

Membaiknya laju IHSG pada sesi II terutama didorong oleh saham-saham di sektor konsumer yang hari ini naik tertinggi sebesar 0,83%. Sektor tambang juga turut menopang laju positif IHSG dengan kenaikan sebesar 0,44% bersama dengan sektor properti yang melesat 1,25%.

Dari sektor konsumer, saham yang paling kuat menopang laju IHSG yaitu saham Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang naik 4,40%, serta HM Sampoerna Tbk (HMSP) yang naik 1,98%. Kemudian dari sektor properti ada Maha Properti Indonesia Tbk (MPRO) yang meroket 24,66%.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement