Anies, Khofifah & RK Hadiri Kongres, NasDem Punya Kriteria Capres 2024

Image title
9 November 2019, 17:55
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) dalam acara pembukaan Kongres Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Partai NasDem menyatakan kehadiran Anies bukan sebagai langkah pemeta
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) dalam acara pembukaan Kongres Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Partai NasDem menyatakan kehadiran Anies bukan sebagai langkah pemetaan politik untuk Pilpres 2024.

Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago membantah kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dalam Kongres Partai NasDem sebagai langkah awal pemetaan politik untuk Pilpres 2024. Dia mencontohkan, Anies diundang karena kongres digelar di Jakarta.

Irma pun menilai wajar jika Gubernur DKI Jakarta diundang dan memberi sambutan dalam kongres Partai NasDem. "Itu bagian dari penghormatan, karena kami ingin membangun yang namanya partai role model kedepan. Jangan kemudian kami berseberangan terus harus kelihatan berperang, tidak begitu," tutur Irma seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (9/11).

Partai NasDem pun tetap memberikan evaluasi terhadap kinerja Anies.  Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pernah menyampaikan kepada Anies bahwa kinerjanya sebagai Gubernur DKI Jakarta baru 50 persen. Oleh sebab itu, Paloh berharap Anies segera meningkatkan kinerjanya menjadi 60 persen, 70 persen, dan diakhir periodenya mencapai 80 persen.

(Baca: Surya Paloh Bantah Reaktif Tanggapi Candaan Jokowi)

Di sisi lain, Partai Nasdem telah menyiapkan kriteria calon presiden yang akan diusung dalam Pilpres 2024. Kriteria pertama, elektabilitasnya harus tinggi karena itu berarti mendapatkan dukungan rakyat.

Kriteria kedua, menurut Irma, calon yang akan diusung partainya harus memiliki kapasitas, kapabilitas, dan akuntabilitas. Dia mengatakan, akuntabilitas itu terkait moral seorang yang akan dicalonkan partainya.

Irma mengaku Partai NasDem telah memiliki sosok yang diangap pantas ikut dalam kontestasi Pilpres 2024. Namun keputusan resmi belum dibuat. 

"Semua partai politik pasti punya frame dan agenda untuk Pemilu 2024, namun politik itu kan dinamis dan selalu berubah tergantung situasinya," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...