Fintech Pendidikan Pintek Dapat Pendanaan dari Investor Jerman

Cindy Mutia Annur
11 November 2019, 11:02
Fintech yang berfokus di bidang pendidikan, Pintek mendapat pendanaan pra-seri A dari investor asal Jerman.
instagram/pintek,id
Co-Founder Pintek Tommy Yuwono. Pintek mendapat pendanaan pra-seri A dari investor asal Jerman.

Perusahaan teknologi finansial (fintech) Indonesia, Pintek, mengalang pendanaan pra-seri A dari investor asal Jerman, Global Founders Capital. Namun, startup yang berfokus pinjaman untuk pendidikan itu tidak menyebutkan nilai investasinya.

Global Founders Capital merupakan perusahaan modal ventura yang berbasis di Berlin, Jerman. Mereka telah membiayai lebih dari 300 startup seperti Traveloka, Lazada, Facebook, Slack, Trivago, LinkedIn, Rocket Internet, dan lainnya.

Investor terdahulu (existing) seperti Finch Capital dan Amand Ventures kembali berpartisipasi dalam investasi kepada Pintek kali ini. Dana segar ini diperoleh induk Pintek, yakni SoCap.

(Baca: Startup Lokal, Crewdible Dapat Investasi Rp 21 M dari Investor Jerman)

Pintek sebelumnya bernama Pinduit. Fintech ini berfokus pada pinjaman untuk Pendidikan, yang meliputi sekolah dasar (SD) hingga perguruan tingi, bahkan vokasi. “Pintek tumbuh eksplosif, terutama sejak putaran pendanaan awal tahun ini,” kata Co-Founder Pintek Ioann Fainsilber seperti dikutip dari TechInAsia, Minggu (11/11).

Sejak Mei hingga Oktober 2019, pengguna bulanannya naik 20 kali lipat. Tingkat wan-prestasi (TWP) atau rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) kurang dari 1%.

Fainsilber mengatakan, perusahaan ingin meningkatkan tim guna memenuhi memenuhi permintaan pengguna. Hal ini juga untuk memperluas penawaran terhadap produk pinjamannya. "Ini (pendanaan) bertujuan menggandakan tim teknologi dan komersial di kuartal berikutnya," katanya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...