Delapan Perusahaan Mau Terlibat Penyelamatan Jiwasraya

Image title
12 November 2019, 14:11
Jiwasraya, Jiwasraya Putra
Jiwasraya.co.id

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tengah mencari mitra untuk menjalankan anak usahanya PT Jiwasraya Putra. Pendirian anak usaha tersebut jadi salah satu strategi untuk menyokong kinerja dan memperbaiki likuiditas perusahaan.

Deputi Jasa Keuangan, Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan sudah ada beberapa mitra yang bersedia masuk. "Kan cari partner dulu sekarang, Desember ini sudah bisa. Ada delapan," kata di Jakarta, Senin (11/11) malam.

Namun, dia tidak menjabarkan lebih detail identitas delapan mitra yang siap masuk tersebut. Hanya saja, Oktober lalu, ia sempat mengungkap rencana sementara menggandeng empat mitra dari BUMN yaitu Bank Tabungan Negara (BTN), Telkomsel, Pegadaian, dan Kereta Api Indonesia (KAI).

(Baca: Modal Minus Rp 24 T, OJK Masih Pelajari Skema Penyelamatan Jiwasraya)

Dengan empat mitra tersebut, komposisi kepemilikan Jiwasraya Putra yaitu Jiwasraya 64%, BTN 20%, Telkomsel 13%, serta Pegadaian dan KAI masing-masing 1,5%. Komposisi kepemilikan saham ini masih bisa berubah. "Tergantung dari bisnis yang nanti akan dikembangkan," kata dia.

Selain lewat pengoperasian Jiwasraya Putra, pemerintah tengah mengkaji cara-cara penyelamatan Jiwasraya lainnya. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan pihaknya bakal berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk membahas opsi yang bisa diterapkan.

"Masih bisa beragam opsinya, itu coba dikaji. Jiwasraya kan size-nya besar ya, jadi perlu kerja sama dengan Departemen Keuangan," kata Mantan Direktur Utama Bank Mandiri tersebut.

(Baca: Jiwasraya Minta Pemerintah Suntik Rp 32 T, BPK: Lebih Baik Dipailitkan)

Sejauh ini, ia belum mau menyebut opsi-opsi penyelamatan yang memungkinkan, termasuk opsi suntikan modal dari pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN). Ia juga enggan mengomentari kemungkinan risiko sistemik ke ekonomi dari tekanan keuangan Jiwasraya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...