Pertamina Survei 2D Terbesar di Asia, Menteri ESDM Harap Temuan Migas

Image title
12 November 2019, 17:01
esdm, skk migas, pertamina, eksplorasi migas
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) bersama Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto (kedua kanan) dan Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu (kanan) memotong pita dalam peresmian pelaksanaan kegiatan eksplorasi migas berupa survei seismik 2D di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Pertamina memulai kegiatan eksplorasi migas berupa survei seismik 2D sepanjang 30 ribu, terbesar di Asia dalam 10 tahun terakhir, pada Selasa (12/11). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif optimitis kegiatan tersebut bisa menghasilkan temuan migas. 

Pasalnya, potensi cadangan migas Indonesia masih cukup banyak, terutama di laut (offshore). "Kami memang perlu memetakan lebih detail lagi sumber-sumber potensi-potensi migas  yang ada di offshore.," ujar Arifin saat hadir dalam pembukaan survei seismik 2D di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/11).

Arifin pun meminta Pertamina menyelesaikan kegiatan survei seismik 2D dalam waktu enam bulan. Dengan begitu, temuan migas yang ada bisa segera dikembangkan. 

"Sekarang yang harus diupayakan bagaimana bisa dapatkan sumber yang besar karena masih banyak potensinya di laut dan di darat juga ada kemarin di Jambi. Mudah-mudahan banyaklah, jadi kalian juga senang kalau energi cukup, "katanya.

Berdasarkan data BP, konsumsi minyak cenderung meningkat dibarengi dengan merosotnya produksi sehingga Indonesia mengalami defisit minyak sejak 2003. Data BP menunjukkan produksi minyak Indonesia pada 2003 hanya sebesar 1,18 juta barel per hari, sedangkan konsumsi mencapai 1,23 juta barel. Artinya terjadi defisit 54 ribu barel per hari.

Setelah itu, produksi minyak nasional semakin turun sedangkan konsumsi kian meningkat. Produksi minyak indonesia pada 2017 hanya tinggal 949 ribu barel per hari, sedangkan konsumsi meningkat menjadi 1,65 juta barel. Sehingga dibutuhkan 702 barel per hari untuk memenuhi kebutuhan minyak  domestik.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...