Jokowi Minta Pemda Tutup Mata Meneken Izin Investasi untuk Ekspor

Dimas Jarot Bayu
13 November 2019, 12:38
Jokowi, Investasi, izin investasi, defisit neraca dagang
Presiden Joko Widodo memberikan pidato saat menghadiri Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah (pemda) tidak mempersulit investor masuk ke dalam negeri, terutama yang ingin membangun industri berorientasi ekspor. Ia pun meminta pemda aktif dalam membantu realisasi investasi tersebut.

“Kalau ada investasi yang orientasinya ekspor, sudah tutup mata, tanda tangan izinnya secepat-cepatnya. Enggak usah ditanya-tanya,” kata Jokowi saat membuka Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda 2019 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11).

(Baca: BKPM Ungkap Rencana Investasi Asing Rp700 Triliun Kandas karena Aturan)

Perlakuan yang sama, kata Jokowi, perlu diterapkan pemda terhadap investor yang ingin membangun industri substitusi impor. Lebih jauh, ia meminta pemda membantu para investor yang mengalami kendala dalam merealisasikan investasinya.

“Sudah saya beri izin sekarang, tapi kamu mulai kapan? Besok, langsung digitukan. Di lapangan ada problem apa? Lahan? Bantu biar segera terealisasi,” kata Jokowi.

Ia menjelaskan upaya mempermudah investasi tersebut penting dilakukan. Sebab, investasi diperlukan untuk penciptaan lapangan kerja. Secara khusus, investasi untuk industri berorientasi ekspor dan substitusi impor diperlukan guna mengurangi defisit neraca dagang.

Jika masalah defisit neraca dagang bisa diatasi, kata Jokowi, Indonesia bisa dengan berani mengambil langkah-langkah balasan bila ada kebijakan negara lain yang merugikan Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...