Peluang Ahok Pimpin BUMN Energi Tuai Pro dan Kontra

Image title
13 November 2019, 20:36
Ahok, Ahok Dirut BUMN, Ahok Dirut Pertamina, Ahok Dirut PLN, Ahok Inalum
Arief Kamaludin (Katadata)
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bakal memimpin salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) strategis. Ada kemungkinan BUMN yang dimaksud di bidang energi. Kemungkinan ini pun menuai reaksi pro dan kontra dari para pengamat energi.

Saat ini, BUMN energi yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) memang tengah mengalami kekosongan jabatan direktur utama. Di sisi lain, Pertamina diisukan akan mengalami perubahan pimpinan. Pertamina kini dipimpin Nicke Widyawati.  

Selain dua BUMN energi tersebut, dua BUMN finansial juga mengalami kekosongan posisi dirut yakni Bank Mandiri dan Bank Tabungan Negara (BTN). Posisi dirut Induk BUMN tambang Mind.id (Inalum) juga kosong setelah ditinggal Budi Gunadi Sadikin yang diplot menjadi wakil menteri BUMN.

(Baca: Ahok Diplot Pimpin BUMN Strategis, Ini 4 Posisi Dirut yang Kosong)

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi menilai penempatan Ahok di BUMN strategis, terlebih BUMN energi, cukup berisiko. Sebab, Ahok tidak memiliki latar belakang di sektor tersebut.

"Ahok sama sekali tidak punya latar belakang di bidang energi. Menurut saya terlalu riskan. Tapi kalau dipasang BUMN lain yang bukan strategis tidak masalah," ujar dia kepada Katadata.co.id, Rabu (13/11).

Di PLN, menurut dia, sosok yang cocok memimpin adalah yang mengerti tentang proyek 35.000 Megawatt (MW) dan memiliki kemampuan untuk merampungkan proyek tersebut.

Ia pun mengajukan nama mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral 2016-2019 Ignanius Jonan. Alasannya, Jonan berpengalaman pada sektor energi, dan kepemimpinannya teruji saat dia menjadi direktur utama Kereta Api Indonesia.

(Baca: Erick Thohir Janji Tak Rombak Direksi BUMN yang Kinerjanya Bagus)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...