SKK Migas Ungkap Proyek Buntal-5 Medco Energi Mundur ke Kuartal I 2020

Image title
14 November 2019, 15:59
Medco Energi, skk migas
m.skalanews.com
Ilustrasi, logo Medco Energi. SKK Migas menyebut proyek Buntal-5 yang dikerjakan Medco Energi tak akan selesai tahun ini. Proyek tersebut diproyeksi rampung pada kuartal I 2020.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas menyatakan proyek migas Buntal-5 yang dikerjakan oleh Medco Energi tak dapat beroperasi pada tahun ini. Sebab, rig untuk mengebor proyek tidak kunjung datang. 

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno menjelaskan rig pengeboran yang seharusya sudah ada di lokasi pengeboran ternyata masih digunakan di Vietnam. Padahal proyek tersebut seharusnya selesai pada kuartal ketiga 2019.

Advertisement

"Proyek Buntal-05 sudah pasti tidak akan bisa selesai tahun ini," kata Julius kepada Katadata.co.id, Kamis (14/11).

Julius pun menargetkan proyek Buntal-05 dapat selesai pada kuartal I 2020. Sehingga bisa menambah produksi gas sekitar 45 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd). Adapun, estimasi nilai investasi untuk pengerjaan proyek tersebut mencapai US$ 33 juta.

(Baca: SKK Migas Tantang Pertamina dan Medco Temukan Migas Seperti Repsol)

Sebelumnya, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher menyebut ada enam proyek yang ditargetkan beroperasi hingga akhir tahun ini. Salah satunya adalah proyek Buntal-5. 

Dari enam proyek migas tersebut, SKK Migas menargetkan ada tambahan produksi gas 124-125 MMscfd dan minyak sebesar 8.500 barel per hari (bopd). Dengan mundurnya proyek Buntal-05, maka daftar proyek migas yang direncanakan onstream pada 2019, yakni:

Proyek Bison-Iguana-Gajah Puteri oleh Premier Oil Natuna Sea B.V yang menelan investasi US$ 171 Juta diproyeksi bisa memproduksi gas sebesar 80 mmscfd. Kemudian proyek Temelat yang dioperatori PT. Medco E&P Indonesia diproyeksi menambah produksi 10 mmscfd. Proyek Temalat menelan investasi US$ 11 Juta.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement