Lapangan Bambu Besar & Akasia Tingkatkan Produksi Minyak Pertamina EP

Image title
15 November 2019, 19:05
Pengembangan lapangan migas Bambu Besar dan Akasia Bagus rampung, produksi Pertamina EP bertambah 4.300 BPOD
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi, pekerja beraktivitas di area Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) usai prosesi Tajak Sumur di Desa Bandungrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019).

Pertamina EP menyampaikan proyek pengembangan lapangan minyak dan gas (migas) Bambu Besar dan Akasia Bagus (BBS-ABG) rampung pada tahun ini. Kedua proyek ini menambah produksi 4.300 barel minyak per hari (BOPD).

Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan, proyek Bambu Besar menyumbang produksi 1.600 hingga 1.800 BOPD dan berpotensi lebih besar lagi. Meski begitu, lapangan ini baru akan memproduksi atau onstream gas pada tahun depan.

Advertisement

Produksi dari Bambu Besar ditopang dari hasil sembilan sumur pengeboran. Namun, baru enam yang berproduksi. "Karena yang lainnya sumur gas," kata Nanang kepada Katadata.co.id, Jumat (15/11).

Sedangkan produksi Akasia Bagus ditopang dari hasil enam sumur pengeboran. Lapangan migas ini menyumbang tambahan produksi 2.500 BOPD.

(Baca: Pertamina Tingkatkan Produksi Minyak dari Sumur Ketujuh Akasia Bagus)

Sama seperti Bambu Besar, onstream gas di proyek itu baru akan dilakukan pada tahun depan. "Gas perkiraan onstream Kuartal I 2020. Produksi mulai tiga sampai empat juta standar kaki kubik per hari (MMscfd) dan ram up," kata Nanang.

Maka secara total, kedua lapangan migas ini menyumbang 4.300 BOPD. Dari Bambu Besar sekitar 1.600-1.800 BOPD, dan Akasia Bagus 2.500 BOPD.

Nanang menyebutkan, nilai investasi untuk proyek Bambu Besar mencapai US$ 120 juta. Sedangkan untuk Akasia Bagus sebesar US$ 75 juta.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement