Ungguli 5 Finalis, Bos Tokopedia Raih EY Entrepreneur of The Year 2019

Penulis: Desy Setyowati

15/11/2019, 13.31 WIB

CEO dan CPO Ruangguru juga mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur.

Pendiri sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya meraih penghargaan Ernst & Young (EY) Entrepreneur Of The Year 2019.
instagram/@liamtanu
Pendiri sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya meraih penghargaan Ernst & Young (EY) Entrepreneur Of The Year 2019.

Pendiri sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya meraih penghargaan Ernst & Young (EY) Entrepreneur Of The Year 2019. Dia mengalahkan enam finalis lain, seperti CEO dan CPO Ruangguru Adamas Belva Devara dan M Iman Usman.

William mengatakan, ia mendirikan Tokopedia karena ingin menciptakan pemerintaan ekonomi secara digital. “Di titik itulah perjalanan entrepreneurship saya dimulai. Saya bersyukur, perjalanan tersebut tidak hanya mengubah hidup saya, namun juga jutaan hidup orang lain,” kata dia lewat akun Instagram-nya @liamtanu, kemarin malam (14/11).

Tokopedia menggaet 6,6 juta penjual, yang 86,5% di antaranya merupakan pengusaha baru. Berdasarkan riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), Tokopedia berkontribusi terhadap 1,5% perekonomian Indonesia.

Salah stau unicorn Tanah Air itu juga melayani lebih dari 90 juta masyarakat Indonesia yang tersebar di 97% kecamatan. “Dari mereka saya belajar banyak,” kata William.

(Baca: Pendiri Tokopedia Ungkap 3 Kunci Sukses Kembangkan Kemampuan Karyawan)

Ia mengaku sangat beruntung karena lebih banyak gagal ketimbang berhasil. Dari kegagalan itu, ia mendapat pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga. “Saya ini pengusaha karena kepepet, entrepreneur by necessity,” kata dia.

William belajar bahwa masa lalu tidak dapat diubah dan masa depan ada di tangan diri sendiri. Ketika ia berpikir tentang mimpinya, hal itu bisa berubah menjadi gagasan dan rencana. Dari situ, mimpi bisa berubah menjadi komitmen.

Jika komitmen itu dilakukan dengan sungguh-sungguh, ia yakin mimpi bisa menjadi kenyataan. “Itulah Indonesian Dream, ketika mimpi kita pikirkan, ucapkan dan lakukan secara konsisten, sungguh-sungguh dan sepenuh hati; sesuai dengan cita-cita Bapak pendiri bangsa, Bung Karno, untuk Indonesia bermimpi setinggi langit, kalaupun jatuh, akan jatuh di antara bintang-bintang,” katanya.

Ia mengatakan, penghargaan ini merupakan persembahan bagi semua yang mau mewujudkan mimpinya. “Penghargaan ini akan menjadi pengingat bahwa ini semua adalah titipan tanggung jawab dan amanah yang besar, yang harus dilanjutkan,” katanya.

(Baca: Rambah Pasar Syariah, Tokopedia Salam Sediakan 21 Juta Produk Halal)

EY menyampaikan, William akan mewakili Indonesia di ajang EY World Entrepreneur of The Year pada Juni 2020 DI Monte Carlo, Monako. Sedangkan CEO dan CPO Ruangguru mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur.

“Penghargaan ini untuk seluruh staf Ruangguru,” kata Belva melalui akun Instagram-nya @belvadevara.

Ia menilai, mendirikan Ruangguru pada 2014 merupakan hal yang tak biasa saat itu. Bahkan banyak investor yang ragu, lantaran belum ada startup pendidikan se-Asia Tenggara yang sukses. “Di dunia juga tidak banyak yang sukses,” katanya.

Kini, perusahaannya telah menggaet lebih dari 4 ribu karyawan. “Penghargaan ini pengingat bagi kami untuk maju terus dan tetap selalu menghadirkan inovasi dalam bidang teknologi atau Pendidikan,” kata dia.

Selain Ruangguru, ada lima finalis EY Entrepreneur Of The Year 2019. Di antaranya CEO Investree Adrian A Gunadi, Managing Director PT Utomodeck Metal Works Anthony Utomo, Founder dan Chairman Cimory Group Bambang Sutantio, CEO Artotel Group Erastus Radjimin, CEO Reycom Document Solusi (RDS) Group Randy Chandra.

(Baca: Merugi tapi Valuasinya Naik, Fenomena Bisnis Digital Indonesia)

 

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan