Valuasi Kilang Cilacap Alot, Luhut Sebut Pertamina Bisa Garap Sendiri

Rizky Alika
16 November 2019, 13:26
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Luhut mengatakan, masih menunggu hasil audit terkait valuasi aset kilang tersebut yang seharusnya rampung bulan ini.

Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, PT Pertamina (Persero) dapat menggarap proyek kilang  Refinery Unit IV Cilacap sendiri, tanpa Saudi Aramco. Hal ini lantaran negosiasi antara Pertamina dengan mitranya itu masih berlangsung alot.

“Bisa saja (Pertamina) jalan sendiri kalau tidak ketemu angka (valuasinya). Masa dia mau ‘kawin’, kalau tidak cocok,” kata Luhut di kantornya, Jumat (15/11) malam.

Advertisement

Luhut mengatakan, masih menunggu hasil audit terkait valuasi aset kilang tersebut yang seharusnya rampung bulan ini. Hingga kini, masih terdapat selisih perhitungan aset sebesar US$ 1,5 miliar antara kedua belah pihak. 

(Baca: Luhut Sebut Investasi Asing Rp 2.282 T Bakal Masuk RI hingga 2023)

Jika tidak ada titik temu, Luhut akan menawarkan investasi lain terhadap Saudi Aramco. Salah satu proyek yang akan ditawarkan adalah kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban.

“Ini karena pemerintah sudah menanamkan dana di Cilacap. Jadi (kilang Cilacap) biar dijalankan Pertamina saja,” ujar dia.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement