BMKG: Hujan Disertai Petir Bakal Guyur Jakarta Hari ini

Penulis: Happy Fajrian

19/11/2019, 07.49 WIB

Hujan lebat disertai petir akan mengguyur sejumlah wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

bmkg, cuaca hari ini, cuaca jakarta
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Warga menggunakan payung saat hujan di kawasan Semanggi, Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Jakarta akan turun hujan disertai petir hari ini, Selasa (19/11).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat akan potensi terjadinya hujan disertai petir dan angin kencang di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan hari ini, Selasa (19/11).

“Kondisi cuaca di enam kotamadya di DKI Jakarta pagi hari ini diperkirakan cerah berawan, kemudian hujan lokal dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang akan melanda Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat pada siang harinya," tulis BMKG dalam laman resminya.

Adapun hujan dengan intenstas yang sama juga akan melanda wilayah Jawa Timur, yakni Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, Situbondo, dan Bondowoso. Hujan diperkirakan juga akan disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hari. 

Sementara di Pulau Sumatera, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Aceh Selatan, Aceh Singkil, serta Aceh Tenggara.

(Baca: BMKG Bakal Tempatkan Cadangan Sistem Peringatan Dini Tsunami di Bali)

Di Provinsi Bengkulu, hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, dan Seluma.

Untuk wilayah Jambi, BMKG memperkirakan hujan lebat dan petir serta angin kencang terjadi di sejumlah kabupaten/kota yakni Kerinci, Kota Sungai Penuh, Sarolangun, Merangin, Bungo, Batanghari, Tebo, Muaro Jambi, Kota Jambi, Tanjung Jabung Timur, dan Tanjung Jabung Barat.

Hujan di sejumlah kawasan di Provinsi Jambi diperkirakan terjadi sejak Selasa siang. Kondisi cuaca serupa juga diperkirakan terjadi di kawasan Sumatera Selatan.

"Waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat pada siang dan malam hari di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, OKU Selatan, Muara Enim, Prabumulih, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara,” tulis BMKG.

(Baca: BMKG: Hujan Lebat Bakal Guyur Jakarta dan Sejumlah Wilayah Pekan Ini)

Cuaca hujan lebat disertai petir dan angin kenang juga menjangkau daerah kepulauan, yakni Pulau Bangka-Belitung. Provinsi ini diperkirakan diguyur hujan pada Selasa siang di daerah Bangka Selatan, dan Belitung.

Selain Pulau Sumatera dan Jawa, hujan lebat beserta angin kencang berdurasi singkat diperkirakan terjadi di Pulau Kalimantan.

"Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Mempawah, Ketapang, Pontianak, Kubu Raya, dan Melawi," demikian penjelasan peringatan dini BMKG untuk wilayah Kalimantan Barat.

Sementara di Provinsi Kalimantan Utara, hujan sedang hingga lebat disertai petir akan terjadi di wilayah Krayan Selatan dan Bahau Hulu pada Selasa sore.

(Baca: Cuaca Ekstrem, BMKG Peringatkan Potensi Bencana pada Pergantian Musim)

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan