Digeser Vietnam, Optimisme Konsumen Indonesia Turun ke Peringkat 4

Pingit Aria
20 November 2019, 17:26
Belanja konsumen
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan informasi dan pengukuran global Nielsen kembali merilis survei indeks kepercayaan diri konsumen. Hasilnya, Indonesia menduduki peringkat keempat negara paling optimistis di dunia.

Posisi Indonesia turun satu tingkat dibanding kuartal II 2019. “Indonesia digeser oleh Vietnam yang kini di peringkat ketiga,” kata Agus Nurudin, Managing Director, Nielsen Indonesia. Sedangkan India dan Filipina ada di peringkat pertama dan kedua.

Indeks Kepercayaan Konsumen Indonesia pada kuartal III 2019 disebutnya masih cukup stabil dengan skor 123 poin. Skor Indonesia hanya turun 3 poin dibandingkan dengan kuartal II 2019.

Agus merinci, persepsi positif konsumen Indonesia pada keadaan keuangan pribadi dan kesiapan berbelanja dalam setahun ke depan turun empat poin menjadi masing-masing 76% dan 57% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Sedangkan persepsi positif akan prospek lapangan kerja hanya turun dari 70% menjadi 69% pada periode yang sama.

Sebaliknya, persepsi konsumen Indonesia mengenai resesi justru membaik. Pada kuartal II 2019, 57% konsumen merasa bahwa negara sedang dalam keadaan resesi ekonomi. Di kuartal berikutnya, angka tersebut turun menjadi 52%.

(Baca: Tangkal Dampak Resesi Global, Kadin Ungkap Sejumlah Rekomendasi )

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...