Holding BUMN Pelabuhan Ditargetkan Rampung Tahun Depan

Image title
20 November 2019, 14:56
Suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/11/2019). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 mencapai 5,3 persen.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Ilustrasi pelabuhan. Kajian pembentukan holding BUMN pelabuhan ditargetkan rampung dalam enam bulan ke depan.

Pembentukan induk usaha (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor pelabuhan ditargetkan rampung pada tahun depan. Saat ini, Kementerian BUMN dan PT Pelabuhan Indonesia II tengah membuat kajian terkait pembentukan holding tersebut. 

Dirut Pelindo II Elvyn G. Masassya menjelaskan, pihaknya telah diminta Kementerian BUMN untuk ikut terlibat dalam pembuatan kajian pembentukan holding BUMN pelabuhan. Holding tersebut nantinya akan menaungi Pelindo I, II, III, dan IV. 

Advertisement

"Saat ini sedang dibahas secara detail, tapi sudah mengerucut. Ini juga jadi salah satu tugas khusus untuk wadirut (wakil direktur utama) Pelindo II. Diharapkan dalam enam bulan sudah selesai," ujar Elvyn, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (20/11).

(Baca: Ada Penolakan Ahok di BUMN, Istana Serahkan Kepada Erick Thohir)

Seperti diketahui, Menteri BUMN Erick Tohir baru saja menempatkan Hambra Samal di posisi wadirut. Hambra sebelumnya menjabat sebagai deputi infrastruktur bidang bisnis Kementerian BUMN.

Kehadiran Hambra, menurut Elvyn, diharapkan dapat membantu mempercepat pembentukan holding BUMN pelabuhan. Ia memperkirakan kajian pembentukan holding akan rampung dalam enam bulan ke depan dan induk usaha tersebut terbentuk pada tahun depan.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement