Sempat Anjlok Karena Pasokan Berlebih, Harga Minyak Naik Tipis

Image title
20 November 2019, 10:27
harga minyak mentah, minyak mentah dunia, perang dagang
KATADATA
Ilustrasi pengeboran minyak lepas pantai.

Harga minyak mentah dunia naik tipis setelah mengalami penurunan lebih dari US$ 1 per barel pada perdagangan Rabu (20/11) pagi waktu Indonesia. Hal ini dipicu oleh kekhawatiran berlebihnya pasokan minyak mentah di tengah ketidakpastian penyelesaian perang dagang Amerika Serikat-Tiongkok yang menekan prospek permintaan.

Mengutip Reuters, harga minyak jenis Brent turun US$ 4 sen menjadi US$ 60,95 per barel setelah di sesi sebelumnya bertenggger di angka US$ 60,91. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) naik US$ 9 sen menjadi US$ 55,30 per barel.

Brent telah naik sekitar 15% sejak awal tahun ini berkat kesepakatan negara-negara OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan sekutunya, termasuk Rusia, untuk memangkas produksi minyak hingga 1,2 juta barel per hari (bph) mulai 1 Januari 2020.

Di sisi lain, Rusia tampaknya kurang setuju untuk meningkatkan pemangkasan produksi minyak pada pertemuan dengan sesama eksportir bulan depan tetapi dapat berkomitmen untuk memperpanjang pembatasan produksi.

(Baca: Negosiasi Dagang AS-Tiongkok Terancam Buntu, Harga Minyak Anjlok)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...