Alibaba Raup Dana IPO Rp 155 Triliun dari Penjualan Saham di Hong Kong

Hari Widowati
21 November 2019, 14:02
IPO Alibaba, Bursa Hong Kong, penawaran saham, penawaran saham terbesar di dunia 2019,
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Alibaba Group Holding Ltd meraup dana HK$ 88 miliar atau Rp 155 triliun dalam penawaran saham perdana di Bursa Hong Kong. Saham Alibaba akan dicatatkan pada 26 November 2019.

Alibaba Group Holding Ltd meraup dana segar HK$ 88 miliar atau setara Rp 155 triliun dalam penawaran perdana sahamnya (initial public offering/IPO) di Bursa Hong Kong. Nilai IPO Alibaba ini merupakan yang terbesar di Hong Kong dalam sepuluh tahun terakhir.

Seperti dilansir Bloomberg, Alibaba melepas 500 juta saham baru dengan harga HK$ 176 atau Rp 316.350 per saham. Harga saham tersebut mencerminkan diskon sebesar 2,9% terhadap harga saham Alibaba di Bursa New York pada penutupan perdagangan Selasa (19/11).

Sebelumnya, Alibaba menyebutkan harga saham yang dilepas kepada investor retail tidak akan lebih dari HK$ 188 atau Rp 338 ribu per saham. Perolehan dana IPO perusahaan raksasa asal Tiongkok ini juga merupakan yang terbesar di dunia pada 2019.

Penawaran saham Alibaba dilakukan di tengah kondisi politik dan keamanan yang kurang mendukung. Unjuk rasa menentang Rancangan Undang-Undang Ekstradisi dan intervensi pemerintah Tiongkok terhadap Hong Kong sudah berlangsung selama lima bulan terakhir. Sentimen anti-China pun meningkat di daerah bekas jajahan Inggris itu.

(Baca: Mulai Gelar IPO, Alibaba Lepas Rp 338 Ribu per Saham)

Perebutan Gelar Emiten Terbesar di Hong Kong

Pencatatan saham Alibaba di Hong Kong ini membuat para pejabat Tiongkok gembira mengingat selama beberapa tahun terakhir perusahaan-perusahaan besar dari negara tersebut memilih mencatatkan sahamnya di bursa luar negeri. Dengan IPO ini, Alibaba menantang Tencent Holdings Ltd untuk meraih gelar perusahaan publik terbesar di Hong Kong.

Saham Alibaba akan mulai ditransaksikan di Bursa Hong Kong pada 26 November mendatang dengan kode 9988. Angka delapan adalah angka keberuntungan bagi masyarakat Tiongkok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...