BI: Penurunan GWM Tambah Likuiditas Bank Rp 26 Triliun

Agatha Olivia Victoria
21 November 2019, 20:28
Petugas penukaran mata uang merapihkan uang yang hendak ditukar dengan mata uang asing di salah satu tempat penukaran uang di Jakarta. Berdasarkan data Bank Indonesia, kurs tengah rupiah dipatok pada level Rp11.722 per dolar AS, melemah 0,14% dibandingkan
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi. Penurunan GWM sebesar 0,5% diperkirakan menambah likuiditas bank sebesar Rp 26 triliun.

Bank Indonesia (BI) menurunkan giro wajib minimum (GWM) sebesar 0,5% berlaku Januari 2020. Kebijakan ini diperkirakan menambah likuiditas perbankan sebesar Rp 26 triliun. 

"Secara keseluruhan tambahan likuiditas dari penurunan GWM akan mencapai Rp 26 triliun," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo saat konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur di Jakarta, Kamis (21/11).

Perry menjelaskan, tambahan likuiditas ini diharapkan membantu perbankan dalam mendorong penyaluran kredit tahun depan. Hal ini juga seiring dengan prospek ekonomi yang membaik.

Saat ini, pertumbuhan kredit masih lambat lantaran permintaan yang rendah, terutama pada nasabah korporasi. Ini terindikasi dari survei BI yang menyebut baru 47% korporasi yang merencanakan investasi tahun depan. 

(Baca: Jaga Likuiditas Bank, BI Pilih Tahan Bunga Acuan 5% dan Turunkan GWM)

Sementara sisanya, belum merencanakan investasi sama sekali dan masih lebih fokus berkonsolidasi mengenai kondisi keuangan. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...