Bukan Hanya Nasi, Ini Diet Khusus Penderita Autoimun

Sorta Tobing
21 November 2019, 17:23
autoimun serang tiroid, ashanty sakit apa, makanan untuk autoimun, diet autoimun, ashanty bentol-bentol
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan. Penderita autoimun, seperti penyanyi Ashanty, memiliki diet khusus. Pantangan makannya termasuk nasi dan produk turunan tepung terigu.

Penyakit autoimun yang diidap penyanyi Ashanty Siddik Hasnoputro mulai menyerang kelenjar tiroidnya. Hal ini membuat kondisi kesehatannya menurun. Sekujur tubuh istri Anang Hermansyah itu penuh bentol-bentol sejak awal pekan ini.

Ia terpaksa menjalani endoskopi dan biopsi di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta. “Mau dicek autoimunnya jenis apa, apa sebabnya,” kata perempuan berusia 35 tahun itu seperti terlihat dalam video Youtube dengan akun the Hermansyah A6 yang tayang kemarin, Rabu (20/11).

Dugaan sementara Ashanty terkena alergi karena penderita autoimun memang memiliki diet khusus. Sejak mendapat diagnosis penyakit itu pada bulan lalu, Ashanty hanya mengonsumsi makanan organik. “Pantangannya banyak. Enggak boleh (makan) tepung, enggak boleh nasi,” ucap anak sulungnya, Aurel Hermansyah, kepada awak media.

Mengutip dari Alodokter.com, autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Hal ini membuat antibodinya menyerang sel-sel sehat itu.

Belum jelas apa penyebab orang menderita penyakit tersebut. Beberapa ahli meyakini ada beberapa faktor yang meningkatkan risikonya, seperti etnis, gender, lingkungan, dan riwayat keluarga.

(Baca: Ini Penyebab Autoimun, Penyakit yang Diderita Ashanty dan Gigi Hadid)

Turunan dari autoimun mencakup lebih dari 80 penyakit, termasuk di dalamnya diabetes tipe 1 (kadar gula darah penderitanya melebihi batas normal karena tidak mampu memproduksi hormon insulin), lupus (penyakit inflamasi kronis karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri), dan psoriasis (kulit bersisik).

Penyakit autoimun lainnya, yaitu multiple sclerosis (sistem saraf pusat terganggu sehingga menimbulkan gangguan penglihatan dan koordinasi tubuh), tiroiditis Hashimoto (penyakit yang disebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid), rheumatoid arthritis (nyeri, radang, dan pembengkakan sendi), dan sindrom Guillain-Barre (kelelahan sampai kelumpuhan).

Selain belum jelas penyebabnya, penyakit ini juga belum ada obatnya. Dokter biasanya memberikan obat untuk menekan gejalanya agar tidak timbul flare alias kondisi akut yang terjadi pada pasien autoimun.

Selain obat ada pula diet khusus untuk pengidap autoimun. Di dunia medis aturan makan ini disebut autoimmune protocol (AIP) diet. Tujuannya, untuk meredakan peradangan di usus dan makan makanan yang kaya nutrisi.

(Baca: Tanaman Kratom, Herbal yang Dilarang BNN Mulai 2022)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...