Selamatkan Industri Baja Nasional, Pemerintah Siapkan Regulasi Baru

Image title
21 November 2019, 16:06
krakatau steel, industri baja, bumn,
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Ilustrasi pabrik pembuatan baja di Kawasan Industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengatakan bahwa pemerintah tengah menyiapkan regulasi baru untuk menyelamatkan industri baja nasional.

Direktur Utama PT Krakatau Steel (KRAS) Silmy Karim bertemu dengan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin membahas penyelesaian masalah likuiditas yang tengah membelit Krakatau Steel.

Selain itu keduanya berdiskusi membahas regulasi yang dapat menyelamatkan industri baja nasional. Silmy mengatakan bahwa pemerintah perlu mengeluarkan regulasi baru untuk mempertahankan produk baja nasional. Sebab, baja berada di urutan ketiga komoditas yang dapat menekan neraca perdagangan Indonesia.

"Bukan hanya semata-mata Krakatau Steel, tapi bagaimana menyehatkan industri baja nasional," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (21/11).

Dia pun menceritakan penyebab tumbangnya industri baja dalam negeri yang berawal dari adanya perjanjian perdagangan bebas melalui ASEAN-China Free Trade Area pada 2010. Selain itu, ada kecurangan dalam perdagangan, seperti mengelabui kode barang (circumvention) sehingga importir terbebas dari bea masuk.

(Baca: Bertemu Xi Jinping, Luhut Minta Tiongkok Hapus Bea Masuk Produk Baja)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...