AS-Tiongkok Tebar Asa Kesepakatan Dagang, Harga Emas Dunia Melandai

Happy Fajrian
22 November 2019, 10:02
harga emas dunia, penyelesaian perang dagang, perang dagang
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi emas batangan. Harga emas dunia melandai setelah AS dan Tiongkok menebar asa penyelesaian perang dagang. Namun campur tangan AS terhadap Hong Kong masih berpotensi merusak kesepakatan dagang yang telah diraih sebelumnya.

Harga emas dunia sedikit melandai dari tren kenaikannya sepanjang pekan ini seiring dengan sentimen positif dari perkembangan penyelesaian perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Melansir data Bloomberg, pada penutupan perdagangan Kamis (21/11), harga emas di pasar berjangka Comex turun 0,35% ke level US$ 1.469 per troy ons, sedangkan di pasar spot turun 0,49% ke level US$ 1.464,41 per troy ons.

Sedangkan pagi ini, Jumat (22/11), emas di pasar berjangka Comex diperdagangkan di level US$ 1.464,40 atau naik tipis 0,05%. Sedangkan di pasar spot harga emas relatif tak bergerak di level US$ 1.464,22 atau turun 0,01%.

Turunnya harga emas dunia seriring sinyal positif penyelesaian perang dagang AS-Tiongkok. Tiongkok dikabarkan telah mengundang AS untuk ke Beijing sebelum libur Thanksgving untuk membicarakan kesepakatan dagang lebih lanjut.

(Baca: Melemah Tipis Pagi ini, Rupiah Bisa Menguat Didorong Asa Perang Dagang)

Selain itu, Presiden AS Donald Trump memutuskan untuk membatalkan kenaikan tarif terhadap produk asal Tiongkok yang rencananya akan diterapkan pada 15 Desember 2019 meskipun penandatanganan perjanjian dagang dengan Tiongkok terjadi setelahnya.

Namun masih ada tanda tanya besar di kalangan investor apakah perjanjian dagang tersebut akan ditandatangani atau batal sepenuhnya seiring dengan campur tangan AS yang terlalu dalam terkait konflik di Hong Kong.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...