Jokowi Putuskan Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina

Dimas Jarot Bayu
22 November 2019, 17:29
Jokowi, Erick Thohir, BUMN, Pertamina, Ahok
Instagram @BasukiBTP
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir sepakat menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Presiden Joko Wododo atau Jokowi akhirnya memutuskan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi Komisaris Utama Pertamina. Keputusan itu diambil setelah Jokowi berdiskusi dengan Menteri BUMN Erick Thohir di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (22/11).

Menurut Erick, Ahok bakal didampingi oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin yang bakal menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina. “Insya Allah sudah putus dari beliau (Pak Jokowi), Pak Basuki akan jadi Komisaris Utama Pertamina,” kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Selain merombak jajaran komisaris, Erick juga merombak jajaran direksi Pertamina. Erick menunjuk Emma Sri Martini yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) untuk menempati posisi baru sebagai Direktur Keuangan Pertamina.

“Karena kan (Direktur Keuangan Pertamina) yang sebelumnya Pahala Mansury menjadi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN),” kata Erick.

Erick mengatakan penempatan Ahok, Budi, dan Emma di Pertamina bisa langsung diproses hari ini atau Senin (25/11). Dengan jabatan barunya, Erick menilai Ahok harus mundur dari PDIP demi menjaga independensi dari BUMN Energi tersebut. 

"Insya Allah orang-orang yang punya etiket baik pasti semua tahu risiko bagaimana mengabdi untuk negara,” kata Erick.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...