Medco Rampungkan Proses Akhir Pembiayaan Pembangkit Gas di Riau

Image title
23 November 2019, 15:10
medco, pembangkit listrik, migas, pembangkit medco, pltgu riau
m.skalanews.com
Medco Energi

PT Medco Power Indonesia melalui anak perusahaannya PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) telah menyelesaikan pendanaan (Financial Close) untuk  Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) berkapasitas 275 MW di Tenayan, Pekanbaru, Riau, Indonesia. 

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria mengatakan penyelesaian pendanaan merupakan persyaratan dalam Perjanjian Pembelian Tenaga Listrik (Power Purchase Agrement/PPA) dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). ‎Dengan begitu prosesnya dapat dilakukan ke tahap pembangunan berikutnya. 

Financial Close ini merupakan tonggak pencapaian yang penting dalam komitmen perusahaan untuk menyelesaikan proyek pembangunan PLTGU Riau 275 MW (megawatt)," kata Eka. seperti dikutip dalam keterangan tertulis Medco, Sabtu (23/11).

(Baca: Medco Power Pastikan PLTGU Riau Beroperasi 2021)

Lebih lanjut dirinya pun berharap proyek tersebut dapat mencapai pemenuhan tanggal operasi komersial (COD) pada Mei 2021. Pembangunan proyek pun telah mencapai penyelesaian sebesar 46 persen.

Total investasi proyek ini sebesar US$ 293 juta dan didanai secara parsial oleh Asian Development Bank (ADB), bersama dengan Leading Asia’s Private Infrastructure Fund (LEAP), International Finance Corporation (IFC), Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dan Sumitomo Mitsui Bank Corporation (SMBC). 

Seperti diketahui, MRPR merupakan perusahaan patungan antara Medco Power Indonesia 51% dengan perusahaan listrik Thailand, RATCH Group Public Company Limited Public 49%.  Perusahaan ini akan mengelola PLTGU Riau selama 20 tahun.

Medco Power telah mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas (gross) lebih dari 3.100 MW di 20 lokasi di Indonesia.  Selain PLTGU Riau 275 MW, Medco Power saat ini sedang mengembangkan proyek PLTP Ijen dengan kapasitas 110 MW di Jawa Timur‎.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...