AMSI Gelar Konferensi Digital, Bahas Fintech hingga Ekonomi Rakyat

Cindy Mutia Annur
25 November 2019, 15:31
fintech, digital, perbankan, gojek, jokowi,
Katadata/AMSI
Logo Indonesia Digital Conference/IDC. AMSI akan menggelar hajatan tahunan IDC 2019.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan menggelar hajatan tahunan Indonesia Digital Conference (IDC) 2019. Konferensi itu membahas tentang perbankan, teknologi finansial (fintech) hingga platform digital untuk ekonomi rakyat.

Acara itu bakal digelar di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, pada 28 November nanti. Peserta yang hadir di antaranya pengusaha, bankir, pelaku startup, pemerintah, media dan masyarakat yang menaruh perhatian terhadap perkembangan bisnis dan dunia digital di Indonesia.

Advertisement

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut menyampaikan, IDC 2019 merupakan ajang untuk bertukar pengalaman, gagasan, dan strategi membangun ekosistem digital. Salah satunya, ada potensi kolaborasi di era digital ini.

“Bisa jadi, antarperusahaan yang dulu bersaing sengit, justru harus bergandengan mesra, berkolaborasi, berorkestrasi agar bisa tumbuh, berkembang dan maju bersama-sama,“ kata Wenseslaus dalam siaran pers, Senin (25/11).

(Baca: Gojek Dikabarkan Buat Unit Bisnis Keuangan, DKatalis)

Menurut dia, pelaku usaha perlu membuka pasar digital. Selain itu, butuh regulasi yang adil dan iklim usaha sehat dari penyelenggara negara. "Bentuknya apa, ini salah satu yang jadi bahasan pokok, bagaimana Indonesia menyiapkan transformasi peradaban digital,” kata dia.

Ketua penyelenggara IDC 2019 Metta Dharmasaputra menyampaikan, rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka acara tahunan AMSI ini. Setidaknya ada empat panel dengan topik berbeda.

Panel pertama bertema Transformasi Korporasi Menghadapi Industri 4.0. Narasumber yang hadir yakni Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto, Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid, dan CEO Telkomsel Mitra Inovasi Andi Kristianto.

(Baca: OVO Tanggapi Kabar Bakal Ditinggal Lippo Group)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement