Garap Bisnis Wisata dan Hotel, Jasa Tirta II Targetkan Laba Rp 180 M

Image title
25 November 2019, 22:02
Sejumlah warga beraktivitas di Waduk Jatiuhur, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (3/11/2019). Kondisi air Waduk Jatiluhur saat ini menyusut dari 105 meter menjadi 88 meter diatas permukaan laut (Mdpl), dampak musim kemarau panjang yang melanda sejumlah daera
ANTARA FOTO/Suwandy
Ilustrasi. Perum Jasa Tirta II saat ini mengelola Waduk Jatiluhur.

BUMN di sektor sumber daya air, PT Jasa Tirta II menggarap bisnis pariwisata dan perhotelan guna meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Perusahaan pelat merah ini menargetkan laba bersih mencapai Rp 180 miliar hingga akhir tahun ini.

Direktur Utama Jasa Tirta II Saefudin Noer menjelaskan, upaya mendorong bisnis pariwisata dilakukan dengan membangun zonasi destinasi eco-tourism, wisata air, bisnis perhotelan, serta penataan tempat untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Advertisement

"Kondisi Waduk Jatiluhur yang bersih juga bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan event wisata," ujarnya, di Jakarta, Senin (25/11).

 (Baca: Andalkan Dua Waduk, Pemerintah Akan Setop Penggunaan Air Tanah Jakarta)

Ia menargetkan bisnis pariwisata menyumbang 40% pendapatan perusahaan tahun ini yang ditargetkan mencapai Rp 700 miliar. Sementara itu, 60% pendapatan akan berasal dari jasa pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan 20% dari pengelolaan air. 

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement