PNS Punya Pengikut Media Sosial 500 Lebih, Jadi Influencer Pemerintah

Fahmi Ahmad Burhan
27 November 2019, 09:12
ASN termasuk PNS yang punya pengikut di media sosial lebih dari 500 jadi influencer pemerintah
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Pegawai Negri Sipil upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi, Jakarta (17/8).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menjadikan Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki pengikut di media sosial lebih dari 500 sebagai influencer pemerintah. Hal itu untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, ASN tersebut akan diberi lencana (badge) khusus sebagai government public relation atau humas pemerintah. "Dia akan dinobatkan dan punya hak. Ini di seluruh kementerian," kata dia di Bogor, kemarin (26/11).

Syarat untuk menjadi influencer pemerintah, yakni memiliki pengikut di Instagram dan Twitter lebih dari 500. Mereka yang terpilih bertugas menyebarluaskan informasi terkait program-program pemerintah ke publik.

Kementerian Kominfo pun bakal berkoordinasi dengan jajaran di pemerintah pusat (pempus) dan daerah (pemda). Kementerian bakal memanggil seluruh kabid humas terkait influencer pemerintah dalam sepekan ke depan.

(Baca: Ada 77 Laporan di Portal Aduan PNS, Mayoritas Intoleransi & Anti NKRI)

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo mengatakan, influencer dari kalangan ASN ini bertujuan meningkatkan kualitas komunikasi publik pemerintah. Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai komunikasi publik pemerintah lemah selama ini.

Widodo pun menilai, divisi yang kuat di kementeriannya hanya bidang informatika. Sedangkan bagian komunikasinya kurang menonjol. "Karena memang zaman ini bertransformasi,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...