Di Depan Jokowi, Gubernur BI Janji Ekonomi 2020 Terjaga

Agatha Olivia Victoria
28 November 2019, 22:50
Di Depan Jokowi, Gubernur BI Janji Ekonomi 2020 Terjaga
Gubernur BI Perry Warjiyo memberikan keterangan pers usai Rapat Dewan Gubernur.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimis prospek ekonomi Indonesia 2020 terjaga dengan momentum pertumbuhan yang tetap berlanjut. Adapun pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 diperkirakan meningkat di kisaran 5,1%-5,5%.

Sementara itu menurut dia, inflasi tahun depan juga tetap terkendali sesuai sasaran 3%+1%. Kemudian, defisit transaksi berjalan 2020 berada di kisaran 2,5%-3% dari Produk Domestik Bruto.

Advertisement

"Surplus transaksi modal dan finansial tetap besar sehingga mendukung stabilitas eksternal," kata Perry dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (28/11).

Adapun ia menuturkan bahwa nilai tukar rupiah pada 2020 diperkirakan bergerak stabil. Kemudian, pertumbuhan dana pihak ketiga pada 2020 perbankan diperkirakan mencapai 8%-10%.

(Baca: BI Yakin Daya Beli Masyarakat Masih Kuat)

Tak hanya itu, pertumbuhan kredit diperkirakan mencapai 10%-12%, sejalan turunnya suku bunga dan membaiknya prospek ekonomi. "Dalam jangka menengah, prospek ekonomi Indonesia akan semakin baik," ujarnya.

Ia melanjutkan, transformasi ekonomi akan mendorong pertumbuhan lebih tinggi lagi. Hal tersebut sejalan dengan defisit transaksi berjalan menurun dan inflasi rendah.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement