Gandeng Investor, RI Ingin Kembangkan Mobil Terbang

Dimas Jarot Bayu
28 November 2019, 14:26
Airlangga Hartanto mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya kepada publik hari ini usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan k
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut kondisi geografis Indonesia cocok menjadi lokasi pengembangan prototipe mobil terbang otonom.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, Indonesia berpotensi untuk mengembangkan prototipe mobil terbang otonom. Kondisi geografis Indonesia dinilai cocok menjadi lokasi pengembangan jenis kendaraan tersebut.

“Bukan lagi di darat karena bagi Indonesia yang model terbang itu bisa jadi prototipe. Karena indonesia adalah negara kepulauan,” kata Airlangga dalam acara Kompas CEO 100 Forum 2019 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (28/11).

Menurut Airlangga, kondisi jalan darat juga sudah terlalu padat. Hal ini menimbulkan disrupsi pada pengembangan mobil otonom di darat. 

“Solusi bagi Indonesia adalah private air vehicle,” kata Airlangga.

(Baca: Toyota dan Honda Bakal Investasi Rp 33,4 T di Indonesia hingga 2023)

Airlangga berharap pengembangan mobil terbang otonom ini bisa dilakukan sejalan dengan masuknya berbagai perusahaan otomotif di Indonesia, salah satunya Hyundai Motor Company. Hyundai sebelumnya telah mengumumkan rencana investasinya sebesar US$ 1,55 Miliar atau sekitar Rp 21,8 triliun.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...