Jokowi Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2019 Hanya 5,04-5,05 Persen

Dimas Jarot Bayu
28 November 2019, 11:22
Pertumbuhan ekonomi, Jokowi, pertumbuhan ekonomi meleset
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Presiden Joko Widodo memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 hanya mencapai 5,04% hingga 5,05%. Angka ini jauh dibandingkan target pertumbuhan ekonomi pemerintah tahun ini sebesar 5,3%.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 hanya mencapai 5,04% hingga 5,05%. Angka ini berada di bawah target pemerintah yakni 5,3%.

Menurut Jokowi, hal tersebut terjadi karena perekonomian Indonesia masih berada di tengah ketidakpastian global. Bahkan, ia sudah diwanti-wanti oleh Dana Moneter Internasional atau IMF dan Bank Dunia bahwa kondisi ini akan terus berlanjut hingga tahun depan.

“Saya kira pertumbuhan ekonomi kita tahun ini mungkin 5,04% atau 5,05% kira-kira begitu,” kata Jokowi dalam Kompas CEO 100 Forum 2019 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (28/11).

(Baca: Kemenkeu Ramal Ekonomi Tahun Ini Melambat jadi 5,05%)

Meski demikian, dia memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini masih lebih baik ketimbang negara lain. Bahkan, Jokowi menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia ada di peringkat ketiga di antara negara-negara G20. 

“Ini perlu perlu kita syukuri dan kita sering lupakan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia nomor tiga, di bawah India dan China,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...