Menilik Kecanggihan Airbus A330-900 NEO, Pesawat Baru Garuda Indonesia

Pingit Aria
28 November 2019, 11:20
Pesawat Garuda di Hangar GMF,  Tanggerang,  Banten (2/3).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pesawat Garuda di Hangar GMF,  Tanggerang,  Banten (2/3).

Garuda Indonesia telah menerima pesanan pesawat baru Airbus A330-900 NEO pertamanya pada Rabu malam (27/11/2019). Garuda telah memesan 14 unit A330-900neo yang akan dikirim secara bertahap hingga 2022.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara menyatakan, pembelian pesawat baru tersebut merupakan bagian dari revitalisasi armada di Garuda Indonesia Group. Hingga akhir tahun 2019, akan ada 5 unit pesawat A330-900 NEO yang tiba di Indonesia. “Lima unit dioperasikan Garuda dan dua unit dioperasikan Citilink," katanya.

Garuda akan mulai mengoperasikan pesawat baru tersebut pada Kamis (28/11) hari ini untuk melayani penerbangan Jakarta-Makassar.

Ari mengungkapkan, pesawat A330-900 NEO dipilih karena mempertimbangkan faktor efisiensi. Pesawat ini diklaim lebih hemat bahan bakar hingga 25% ketimbang pesawat berbadan lebar lain di kelasnya.

(Baca: Garuda Akan Buka Rute Baru ke Dili dan Istanbul)

Kabin A330neo menghadirkan kenyamanan dari fasilitas kabin Airspace, termasuk sistem hiburan in-flight dan konektivitas Wi-Fi generasi terbaru. Pesawat ini juga memiliki toilet yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas.

Airbus A330-900 NEO yang dioperasikan Garuda Indonesia ini menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 7000 dengan kemampuan jelajah maksimal 13.330 kilometer. Dikutip dari Wikipedia, biaya pembuatan pesawat jenis ini mencapai US$ 296,4 juta atau sekitar Rp 4,18 triliun. 

Garuda Indonesia saat ini mengoperasikan 24 pesawat dari keluarga A330 untuk penerbangan regional dan jarak jauh. Peningkatan rentang jarak dan efisiensi yang ditawarkan pesawat A330-900 akan membuka peluang bagi Garuda Indonesia untuk menyediakan rute penerbangan langsung dari Jakarta ke berbagai kota di Eropa.

A330-900 milik Garuda Indonesia dikonfigurasi untuk 301 penumpang yang terbagi menjadi dua kelas, dengan 24 kursi di kelas bisnis dan 277 kursi di kelas ekonomi. Sedangkan, konfigurasi A330-900neo yang dioperasikan oleh Citilink memiliki kapasitas 365 kursi yang terdiri dari 42 kursi kelas ekonomi premium dan 323 kursi kelas ekonomi.

(Baca: Tiket Garuda untuk Natal dan Tahun Baru Sudah Terjual 57%)

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo menyatakan, dua unit A330-900neo bakal digunakan untuk rute penerbangan internasional sesuai target ekspansi pada 2020.

"Kami berencana akan terbang ke Jeddah dan negara-negara lainnya di kawasan Asia. Bahkan, Eropa dengan pesawat baru tersebut,” kata Juliandra.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...