Presiden Trump Dukung Demonstran Hong Kong, Harga Minyak Dibuka Turun

Image title
29 November 2019, 09:17
Presiden Trump Dukung Demonstran Hong Kong, Harga Minyak Dibuka Turun karena khawatir ketegangan as-tiongkok meningkat
Katadata | Dok.
Ilustrasi kilang

Harga minyak mentah dunia melemah pada pembukaan perdagangan hari ini (29/11). Salah satu penyebabnya, pasar khawatir ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok meningkat, setelah Presiden Donald Trump menandatangani undang-undang (UU) yang mendukung demonstran pro-demokrasi di Hong Kong.

Berdasarkan data Reuters, harga minyak jenis Brent melemah 10 sen menjadi US$ 63,77 per barel pada pembukaan hari ini. Sedangkan minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) naik tipis 2 sen menjadi US$ 58,13 per barel. Namun, harganya turun menjadi US$ 58,06 per barel pada pukul 8.13 WIB.

Advertisement

Chief Market Strategist di FXTM Hussein Sayed mengatakan, keputusan Presiden Trump tersebut membuat pasar kembali khawatir terkait negosiasi dagang AS dan Tiongkok. “Pasar kemungkinan akan mempertanyakan perjanjian perdagangan tersebut karena Tiongkok telah menegaskan kembali ancaman pembalasannya,” kata dia dikutip dari Reuters, Jumat (29/11).

(Baca: Buntut Pengesahkan UU Demokrasi Hong Kong, Tiongkok Ancam Balas AS)

Pemerintah Tiongkok memberi peringatan kepada AS bahwa mereka akan mengambil langkah tegas terkait Hong Kong. Namun, Presiden Trump justru menandatangani UU yang mendukung demonstran anti pemerintah di Hong Kong.

“Jika investor mencurigai bahwa perjanjian perdagangan berada dalam bahaya nyata, diperkirakan ada aksi jual tajam pada Desember,” kata Hussein. Untuk saat ini, menurut dia investor mengambil pendekatan menunggu dan melihat (wait and see).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement