Target Transaksi Naik 3 Kali di Akhir Tahun, Traveloka Gaet ‘Doraemon’

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Desy Setyowati

2/12/2019, 16.34 WIB

Traveloka memberikan promosi lewat alat ajaib Doraemon. Secara tahunan, transaksi Traveloka tumbuh 3-4 kali lipat.

target transaksi naik tiga kali lipat di akhir tahun, traveloka gandeng doraemon
Katadata/Fahmi Ahmad Burhan
Traveloka Experience bekerja sama dengan Animation International selaku pemegang lisensi resmi Doraemon di Indonesia.

Perusahaan penyedia layanan perjalanan berbasis online (Online Travel Agent/OTA) Traveloka menargetkan transaksi naik tiga kali lipat pada akhir tahun. Untuk itu, salah satu unicorn Tanah Air ini berpromosi menggunakan karakter animasi Doraemon.

Traveloka melalui unit bisnisnya, Traveloka Experience bekerja sama dengan Animation International selaku pemegang lisensi resmi Doraemon di Indonesia. Melalui kerja sama ini, perusahaan menawarkan promosi dengan karakter alat ajaib milik Doraemon.

Head of Marketing Traveloka Experience Terry Santoso mengatakan, kolaborasi ini berbarengan dengan persiapan menuju high season akhir tahun. "Kami perkirakan transaksi selama high season bisa melejit sampai tiga kali lipat," kata dia saat konferensi pers di Jakarta, hari ini (2/12).

Untuk mencapai target tersebut, startup bervaluasi lebih dari US$ 1 miliar ini menyediakan promosi di 12 kategori produk di Traveloka Experience. Di antaranya layanan atraksi, tur, spa & kecantikan, event, bioskop, makanan dan minuman, olahraga, kursus & workshop, transportasi, pelengkap travel, taman bermain, dan hiburan.

(Baca: Traveloka Berencana Cari Mitra Hingga IPO di Dua Negara)

Terry mencontohkan, akan ada promosi mirip alat Doraemon ‘konnyaku penerjemah’ di kategori pelengkap (travel essentials). “Promo menarik di Malang misalnya, dengan bantuan Doraemon, kegiatan (yang dapat promosi) itu dapat dengan mudah dideskripsikan,” kata dia.

Alasan Traveloka menggandeng Doraemon, karena karakter animasi ini yang paling kontekstual dan dikenal semua kalangan, mulai dari muda sampai tua. Usia karakter Doraemon hampir 50 tahun. Hingga saat ini, karakter animasi itu masih tayang di televisi Tanah Air.

Secara keseluruhan, pengguna aktif Traveloka mencapai 35 juta. Aplikasi Traveloka juga sudah diunduh 45 juta kali. Unicorn asal Indonesia ini juga telah ekspansi ke 6 negara di Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Australia.

“Pertumbuhan tahunan (year on year/yoy) tiga hingga empat kali lipat,” kata Terry.  (Baca: Saingi Traveloka & Tiket.com, Startup Mesir Swvl Bakal Masuk Indonesia)

Regional Director of Animation International Helena Irma mengatakan, karakter Doraemon memiliki 200 alat ajaib. Menurutnya, hal ini yang membuat Doraemon dikenal hingga saat ini.

Dia mengatakan, karakter Doraemon bisa diterapkan di layanan Traveloka Experience. "Kesamaannya, Doraemon punya pintu dan kantong ajaib. Di Traveloka pun kamu bisa travel ke mana saja, dan semuanya ada di situ," kata Helena.

(Baca: Jadi Co-Branding Wonderful Indonesia, Traveloka Siapkan Diskon & Promo)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan