Gandeng Mitra Driver Tuli, Grab Klaim Tak Pernah Alami Kecelakaan

Cindy Mutia Annur
3 Desember 2019, 20:25
grab, driver tuli, kecelakaan
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Grab menjalin kerja sama dengan mitra driver tuli dan mengklaim mitra driver tuli tersebut memiliki catatan keselamatan yang sempurna alias tak pernah kecelakaan.

Perusahaan layanan on demand Grab meluncurkan program Mendobrak Sunyi, guna mendorong peluang pendapatan bagi para mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike yang tuli pada September 2019.

Kendati bermitra dengan mitra difabel, data internal perusahaan menunjukkan bahwa mitra pengemudi difabel memiliki catatan keselamatan berkendara yang sempurna, alias tidak pernah mengalami kecelakaan saat melayani pelanggan.

Hingga saat ini ada lebih dari 90 mitra driver tuli Grab yang beroperasi di wilayah Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya. Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenandi mengatakan capaian tersebut merupakan buah dari berbagai upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin keselamatan layanan Grab.

"Keselamatan dengan para mitra driver tuli itu 100% alias 0 insiden. Layanan Grab dijamin aman karena para mitra driver telah melalui proses rekrutmen yang ketat," ujar Neneng saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (3/12).

(Baca: Grab dan Gojek Tanggapi Prank Order Fiktif Ojek Online oleh YouTuber)

Dia menjelaskan bahwa proses rekrutmen mitra driver tuli sama seperti yang diterapkan kepada mitra driver lainnya yakni memiliki surat izin mengemudi (SIM), surat berkelakuan baik alias Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan dokumen lainnya.

Kendati demikian Grab menambahkan teks terjemahan (subtitles) pada materi video pendaftaran dan pelatihan bagi mitra driver tuli, serta melatih tim layanan pelanggan Grab dengan kemampuan bahasa isyarat Indonesia (Bisindo) dasar untuk membantu mereka selama proses rekrumen tersebut.

Selain itu, Grab juga telah mengembangkan sejumlah fitur khusus bagi para mitra driver tuli seperti fitur live chat agar mitra bisa mendapat bantuan langsung dari perusahaan, fitur notifikasi pesan otomatis kepada penumpang untuk memberi tahu bahwa driver-nya tuli, serta kartu komunikasi khusus untuk memudahkan penumpang berkomunikasi dengan driver. 

Neneng mengatakan bahwa Grab memiliki prinsip bahwa tiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan penghasilan. Inisiatif program tersebut merupakan bagian dari komitmen GrabforGood untuk membuat platform Grab lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua orang.

(Baca: Viral Konsumen Memarahi Pengemudi Ojek Online, Begini Tanggapan Grab)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...