Tak Ada Lonjakan Harga, Sri Mulyani Prediksi Inflasi di Bawah 3,5%

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Martha Ruth Thertina

3/12/2019, 12.26 WIB

Kenaikan harga barang diprediksi tidak akan terlalu besar pada Desember. Meskipun, ada peningkatan konsumsi terkait libur natal dan tahun baru.

Inflasi, inflasi Desember 2019, Sri Mulyani
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan inflasi tahun ini akan berada di bawah 3,5%. Perkiraan tersebut sudah memperhitungkan kenaikan harga seiring libur natal dan tahun baru.

Ia menilai, kenaikan harga tidak akan terlalu besar di Desember sehingga inflasi sesuai target. Tahun ini, target inflasi berada pada rentang 2,5%-3,5%, sama dengan tahun lalu.

"Saya rasa (inflasi) di dalam target, di dalam besaran itu, di bawah 3,5%," kata dia di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (3/12).

(Baca: Video: Waspada Kenaikan Inflasi Tahun Depan)

Sebelumnya, per November, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulanan sebesar 0,14%. Level ini lebih tinggi dari bulan sebelumnya 0,02%. Sedangkan inflasi tahun kalender (year to date) berada pada level 2,37% dan inflasi tahunan (year on year) di level 3%.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan kenaikan inflasi sesuai pola tahunan. Inflasi naik pada November seiring peningkatan konsumsi menjelang natal dan tahun baru. "Inflasi November lebih tinggi dibanding bulan lalu, tetapi sama dengan pergerakan inflasi tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

(Baca: Pedasnya Harga Cabai yang Kerap Membuat Gejolak Inflasi)

Dengan melihat angka inflasi ini, ia pun memperkirakan inflasi tahun ini bakal sesuai target. Adapun tahun lalu, inflasi tercatat 3,13%, dengan inflasi tahunan per November berada di level 3,23%, lebih rendah dari realisasi November tahun ini.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan