Airlangga Berpeluang Besar Jadi Ketum Golkar Secara Aklamasi

Dimas Jarot Bayu
4 Desember 2019, 14:02
Airlangga Hartarto Berpeluang Besar menjadi Ketum Golkar Secara Aklamasi jika didukung mayoritas DPD
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengacungkan ibu jarinya saat menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon ketua umum (caketum) Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily menilai, pemilihan Ketua Umum Golkar dalam Musyawarah Nasional (Munas) berpotensi dilakukan secara aklamasi. Apalagi jika mayoritas Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I mendukung satu orang calon ketua umum.

Sejauh ini, sebelas DPD menyatakan dukungannya secara resmi kepada calon ketua umum petahana Golkar Airlangga Hartarto. Dukungan itu disampaikan ketika sesi penyampaian pandangan umum.

Belum ada satu pun DPD tingkat I yang mendukung pesaing Airlangga, Ridwan Hisjam. “Jika pandangan di daerah dan organisasi pendiri Golkar menyatakan dukungan kepada Airlangga, satu-satunya, itu yang akan menjadi dasar pada sidang paripurna setelahnya,” kata Ace di sela Munas Golkar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (4/12).

Menurut Ace, dukungan DPD tingkat I biasanya akan diikuti DPD tingkat II. Dengan demikian, hal tersebut dapat dianggap juga sebagai pandangan umum dari DPD.

(Baca: Airlangga Klaim Berhasil Selamatkan Golkar, Singgung Kasus Setnov)

Meski demikian, Ace menilai penetapan Ketua Umum Golkar tak akan dipercepat walaupun nantinya seluruh DPD telah menyatakan dukungan. Sebab, Munas Golkar tak hanya bertujuan memilih Ketua Umum.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...