Asosiasi E-Commerce Khawatir Pedagang Online Wajib Berizin Usaha

Desy Setyowati
4 Desember 2019, 18:28
pedagang online wajib punya izin usaha dan npwp, ini kata asosiasi e-commerce dan bukalapak
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang e-commerce, yang mewajibkan pedagang online memiliki izin usaha. Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menilai, hal ini akan menjadi tantangan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani PP Nomor 80 Tahun 2019 tentang perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) itu pada 20 November lalu. Aturan itu pun berlaku sejak 25 November.

Advertisement

Pada pasal 15 disebutkan bahwa pelaku usaha wajib memiliki izin usaha dalam melakukan kegiatan usaha PMSE. Pengajuan izin usaha itu dapat melalui Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS).

(Baca: Sri Mulyani Bakal Kejar Pajak Pedagang Online hingga ke Media Sosial)

Ketua idEA Ignatius Untung mengatakan, tidak semua pedagang di e-commerce merupakan pelaku usaha. Ia mencontohkan, seorang konsumen mendapat hadiah televisi lalu menjualnya di platform e-commerce. Pedagang seperti itu menurutnya tak masuk kategori pelaku usaha apalagi mengajukan izin usaha.

Selain itu, menurutnya pemerintah perlu memperjelas tujuan dari kebijakan ini. Jika tujuannya untuk meningkatkan perlindungan konsumen, menurutnya tidak masalah.

Namun, jika hal ini bertujuan untuk menarik pajak, ia khawatir pedagang online akan terpengaruh. "Bisa ada yang takut. Kalau ke depannya ada kewajiban lapor pajak atau keuangan, akan repot. Itu ada potensi ekonomi yang hilang," katanya kepada Katadata.co.id, Rabu (4/12).

(Baca: Saingi E-Commerce, WhatsApp Sediakan Fitur Katalog untuk Gaet UMKM RI)

Ia belum bisa memperkirakan apakah kebijakan ini bakal mendorong pedagang online beralih ke media sosial. Ia berharap aturan ini berlaku juga untuk pedagang di media sosial. "Seharusnya perlakuannya seimbang," kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement