Dapat Investasi Rp 1,3 T, Kredivo Bakal Ekspansi ke Filipina Awal 2020

Cindy Mutia Annur
4 Desember 2019, 18:39
peroleh pendanaan US$ 90 juta atau sekitar Rp 1,27 triliun, kredivo ekspansi ke filipina tahun depan
Instagram/Kredivo
Ilustrasi Kredivo.

Induk Kredivo, FinAccel, baru saja memperoleh tambahan modal US$ 90 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun dalam putaran pendanaan  seri C. Perusahaan teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) ini pun berencana ekspansi ke Filipina pada Semester I 2020.

CEO FinAccel Akshay Garg mengatakan, tambahan modal itu akan digunakan untuk meningkatkan penyaluran pinjaman di Indonesia. Selain itu, perusahaan ingin mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menciptakan produk baru.

Advertisement

Fintech pembiayaan ini pun ingin memperluas pasar. “Pasarnya sangat mirip dengan Indonesia, sehingga kami pikir negara itu tepat untuk ekspansi," kata Akhsay saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (4/12).

Populasi di Filipina sekitar 70 juta jiwa, yang sebagian besar belum mendapatkan akses ke layanan keuangan. Karena itu, menurut dia pasar negara tersebut potensial.

(Baca: Kredivo Bersiap Luncurkan Pinjaman Pendidikan, Kesehatan, dan Syariah)

Riset Google, Temasek dan Bain pun menunjukkan, ada sekitar 100 juta penduduk Asia Tenggara yang belum memiliki rekening bank (unbanked). Mayoritas dari mereka berada di Indonesia, lalu Filipina.

Saat ini, Kredivo masih pada tahap pengembangan operasi sistem untuk layanan dan kepatuhan terhadap regulasi setempat (regulatory complience). "Prosesnya sangat rumit. Bakal memakan waktu untuk melakukannya di Kuartal I atau II (2020). Tetapi kami harap bisa (terwujud) pada Semester I tahun depan,” kata dia.

Kredivo juga bakal menggaet beberapa mitra untuk ekspansi ke Filipina. Salah satunya, Kredivo bakal menggaet bank lokal setempat. Namun ia enggan merinci nama mitra tersebut. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement