Erick Thohir Copot Direksi Garuda Jika Terbukti Selundupkan Harley

Image title
4 Desember 2019, 13:07
erick thohir, copot direksi garuda, harley davidson, brompton
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Onderdil motor Harley Davidson dan dua buah sepeda baru bermerek Brompton ditemukan dalam pesawat Airbus A330-900 Neo milik Garuda Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan siap mencopot direksi Garuda Indonesia jika terbukti menyelundupkan onderdil motor Harley Davidson dan dua sepeda baru bermerek Brompton di pesawat Airbus A330-900 Neo yang didatangkan dari Toulouse, Perancis, pada Minggu 17 November 2019.

Namun, keputusan tersebut akan menunggu hasil penyelidikan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan. "Biarkan Bea Cukai melihat ada tidak kasus-kasus seperti yang dilaporkan, kalau ada ya (direksi) harus dicopot," ujar Erick, saat ditemui di acara Marketeer Award, di Jakarta, Rabu (4/12).

Erick menjelaskan bahwa dia tak membutuhkan direksi BUMN yang pintar, tapi yang solid dan memiliki jiwa gotong royong, serta yang terpenting memiliki akhlak yang baik. "Saya tidak ingin ada direksi yang minter artinya akal-akalan saya tidak perlu orang pintar. Tapi orang yang solid," ujarnya.

(Baca: Dugaan Penyelundupan Harley, Menhub Cek Aturan Penerbangan Perdana)

Sebelumnya, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan membenarkan adanya onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat baru yang mendarat di Bandara Soekarno Hatta dari Perancis. Dia menyatakan bahwa barang tersebut milik karyawan Garuda Indonesia.

Namun, Ikhsan mengklaim bahwa direksi yang ikut di dalam pesawat tersebut tidak mengetahui barang-barang tersebut. "Milik karyawan Garuda. Ada jajaran direksi karena jemput pesawat, ada serah terima, ada petugas untuk urus dokumen," kata Ikhsan, di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (3/12).

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...