BNN Kaji Tren Peningkatan Penyelundupan Narkoba di Ibu Kota Baru

Rizky Alika
5 Desember 2019, 15:54
BNN Kaji Tren Peningkatan Penyelundupan Narkoba di Ibu Kota Baru yang di luar kewajaran
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Ilustrasi, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ciamis Engkos Kosidin (kanan) didampingi Kasi Pemberantasan BNNK Ciamis Kompol Ricky Lesmana (tengah) menunjukkan barang bukti narkoba saat rilis di Kantor BNNK Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (20/11/2019).

Badan Narkotika Nasional (BNN) tengah mengevaluasi peningkatan narkoba di ibu kota baru Indonesia yakni Kalimantan Timur. Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari mengatakan, penyelundupan narkoba di wilayah itu masuk melalui jalur laut ke Kalimantan Utara.

Amran mengatakan, Kalimantan Utara sempat menjadi bagian dari Kalimantan Timur. "Kami sedang evaluasi apakah ada kaitannya dengan rencana pemindahan ibu kota Indonesia," kata dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta, Kamis (5/12).

Sejauh ini, BNN telah menggagalkan penyelundupan 100 kilogram (kg) narkoba ke Kalimantan Timur. Menurutnya, jumlah tersebut tidak biasa untuk satu daerah yang bukan wilayah industri atau pariwisata.

Ia mencatat, tren peningkatan narkoba di ibu kota baru itu terjadi sejak Juni lalu. Di satu sisi, pemerintah mulai serius membahas pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan sejak Maret lalu.

Karena itu, ia mengkaji keterkaitan hal ini dengan peningkatan penyelundupan narkoba di wilayah itu. (Baca: Istana Tak Sepakat Wacana Pembubaran BNN)

Jenis narkoba golongan satu yang beredar di Kalimantan Timur meliputi ganja (cannabis sativa), shabu (methamphetamine), dan ekstasi (amphetamine). Mayoritas narkoba tersebut berasal dari Laos, Thailand, dan Myanmar.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...