Kemenkeu Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2020 Kembali Meleset dari Target

Agatha Olivia Victoria
5 Desember 2019, 17:55
Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, pertumbuhan ekonomi, apbn
Arief Kamaludin|Katadata
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut target pertumbuhan ekonomi dalam APBN 2020 dibuat saat kondisi global masih mendukung.

Pemerintah memproyeksi pertumbuhan ekonomi tahun depan hanya mencapai sekitar 5,2%, di bawah target yang dipatok dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN 2020 sebesar 5,3%. 

"Saya pikir 5,2% potensinya," kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam 9th Annual International Forum on Economic Development and Public Policy di Bali Kamis (5/12).

Suahasil menjelaskan target pertumbuhan ekonomi dalam APBN 2020 dibuat saat kondisi ekonomi dunia masih mendukung. Namun, pertumbuhan ekonomi global tahun depan diperkirakan semakin melambat. 

 "Tahun 2020 kami lihat memang agak berat. Tensi AS-Tiongkok masih belum akan selesai," ujarnya.

(Baca: Ekonomi Global Diprediksi Tumbuh Lebih Kencang Tahun Depan)

Selain tensi perang dagang AS dan Tiongkok, progres keluarnya Britania Raya dari Uni Eropa atau yang disebut Brexit menjadi faktor lain yang menahan pertumbuhan ekonomi global. Hingga saat ini, problematika Brexit tak kunjung selesai.

Senada, sejumlah lembaga pun memproyeksi pertumbuhan ekonomi tahun depan akan berada di bawah 5,3% seperti terlihat dalam databoks di bawah ini.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...