Mendag Waspadai Kenaikan Harga Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

Image title
7 Desember 2019, 16:50
kemendag, pangan, natal dan tahun baru
Ilustrasi, Sekjen Kementerian Perdagangan Oke Nurwan (kedua kanan) berbincang dengan pedagang saat memantau ketersediaan harga bahan pokok jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Pasar Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/11/2019). Kemendag mewaspadai kenaikan harga komoditas pangan jelang natal dan tahun baru.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan pihaknya bakal menjaga stok dan harga komoditas pangan seperti beras, cabai, bawang, daging, telur, tetap stabil menjelang natal dan tahun baru (Nataru). Pasalnya, harga komoditas tersebut cenderung mengalami kenaikkan.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) pun menggelar operasi pasar sebagai salah satu kegiatan rutin untuk mengantisipasi lonjakan harga. Dengan upaya itu, masyarakat diharapkan dapat membeli komoditas pangan dengan harga yang terjangkau.

Advertisement

"Jadi saya kemarin ke Jawa Tengah dan juga tim Kemendag keliling kebeberapa daerah sudah aman dan terkendali," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Sabtu (7/12).

Operasi pasar tidak hanya digelar di pasar tradisional tetapi juga pasar modern. Kebijakan operasi pasar digelar berdasarkan hasil rapat dengan Kepala Perum Bulog Budi Waseso dan pengusaha retail modern di seluruh Indonesia. 

(Baca: Bertemu Kemendag Pekan Depan, Ini Harapan Asosiasi Soal PP E-Commerce)

Dengan begitu, seluruh retail modern akan menjual beras medium dengan harga sesuai kebijakan. Tak hanya beras, retail modern akan menyediakan kebutuhan pokok lain seperti minyak goreng, gula pasir, dan daging sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

Untuk memastikan pergerakan harga dan pasokan tetap stabil, Kemendag juga menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) menjelang Nataru. Rakornas diikuti oleh Kepala Dinas Perdagangan di 34 provinsi.

Kemendag juga akan koordinasi dengan 15 provinsi yang mayoritas penduduknya merayakan Natal. Penetrasi pasar dilaksanakan di tiap provinsi dan dipimpin oleh para Eselon I Kemendag. Pantauan terhadap pasokan dan harga bahan pokok terus dilakukan secara berkala hingga Natal dan Tahun Baru.

(Baca: Jokowi Perintahkan Mentan dan Bulog Benahi Manajemen Cadangan Beras)

Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement