Resah dengan Waralaba Asing di Rest Area, Jokowi Minta Utamakan UMKM

Dimas Jarot Bayu
9 Desember 2019, 18:53
jokowi, umkm,
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin, memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/12/2019). Jokowi ingin UMKM masuk ke sentra-sentra ekonomi di kawasan infrastruktur baru agar dapat lebih berkembang.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat masuk ke sentra-sentra ekonomi di kawasan infrastruktur baru yang telah dibangun pemerintah untuk dapat mendorong pengembangan UMKM lebih baik lagi.

“Misal rest area di jalan tol, isi dengan produk-produk brand lokal,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/12).

Advertisement

Menurut Jokowi, selama ini rest area di jalan tol lebih banyak diisi oleh produk-produk waralaba impor. Jarang sekali ada produk dari UMKM yang bisa mendapatkan tempat berjualan di rest area. Padahal, Jokowi menilai sudah banyak produk UMKM yang kualitasnya sudah setara dengan produk-produk waralaba impor.

(Baca: Jokowi Tegur Bank BUMN yang Masih Meminta Agunan dalam Penyaluran KUR )

“Ayam lokal banyak sekarang. Kopi lokal yang bagus juga banyak sekarang ini. Rasanya tidak kalah, sepertiga lebih murah. Kok yang dipasang itu-itu saja,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, pemerintah dapat mendorong UMKM masuk ke berbagai rest area di Tol Trans Sumatera yang sedang dibangun. Pemerintah pun bisa mendorong UMKM masuk ke berbagai rest area di Tol Trans Jawa.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement